Berita

RAPAT KOORDINASI PENJELASAN PERMOHONAN HAK AKSES PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

Kamis Pahing, 23 Maret 2017 14:27 WIB 393

foto
Rapat Koordinasi Penjelasan Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada  hari Rabu tanggal 22 Maret 2017 mengadakan Rapat Koordinasi tentang Penjelasan permohonan Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan di Ruang rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Rapat  dihadiri oleh Dinas terkait dan desa yang mengajukan permohonan hak akses pemanfaatan data kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Bapak Bambang Purwadi Nugroho, SH.MH selaku pimpinan rapat menjelaskan Permendagri No. 61 Tahun 2015 Tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Lembaga yang akan memanfaatkan data kependudukan  melalui tata cara yang sudah ditetapkan. Tidak seperti pada ketentuan Peraturan Perundang-Undang sebelumnya yang tidak mensyaratkan adanya perjanjian kerjasama  antara Disdukcapil dengan lembaga pengguna. Tata cara/prosedur yang ditentukan harus dipenuhi untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan pemilik data selain itu juga sebagai bentuk pengendali bagi pemegang hak akses itu sendiri. Ditambahkan oleh beliau bahwa nantinya diharapkan  hak akses pemanfaatan data ini dapat terkoneksi dengan Bantul Smart City.

Desa yang sudah mengajukan permohonan ke Bupati adalah desa Pendowoharjo, Panggungharjo dan Tirtohargo. Untuk selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan perjanjian kerjasama. Untuk desa yang belum mengajukan ijin ke Bupati diharapkan  bisa segera mengajukan.

  ( Bidang PIAK-PP )