Berita

LAUNCHING APLIKASI “CEKATAN” CETAK KTP TANPA ANTREAN DISDUKCAPIL BANTUL

Kamis Kliwon, 10 Mei 2018 15:14 WIB 369

foto

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul terus berusaha membuat inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Launching CEKATAN dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 bersamaan dengan acara Pundong Ekspo 2018 di Kecamatan Pundong. Wakil Bupati Bantul (KH.Abdul Halim Muslih ) berkenan melaunching aplikasi CEKATAN.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Bantul menyatakan bahwa sekarang masyarakat Bantul tidak usah antri lagi atau berbondong-bondong ke Dukcapil Bantul untuk mencetak KTP el, cukup lewat aplikasi CEKATAN yang ada di dapat diunduh lewat android untuk mengajukan cetak KTP el. Masyarakat cukup duduk manis sambil menunggu pemberitahuan bahwa KTP el telah tercetak. 
Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, SH.MH ) bahwa peluncuran CEKATAN ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus KTP el. 
Menurut beliau bahwa keunggulan dari CEKATAN ini adalah masyarakat dimudahkan menerima pelayanan krn  lebih praktis, cepat dan efisien waktu karena masyarakat tidak perlu antri. 
Aplikasi CEKATAN saat ini sudah tersedia di Play Store dan dapat diinstall dengan memasukkan NIK dan Nomor KK. Selanjutnya pemohon mengisi form di aplikasi CEKATAN tersebut, setelah mengisi kemudian masyarakat bisa melihat bagaimana status perekaman KTP elnya. Apabila status sudah siap cetak (print ready record) maka pasti KTP el bisa dicetak dan pemohon menerima pemberitahuan lebih lanjut untuk pengambilan KTP elnya.
Lebih lanjut Bambang Purwadi Nugroho menegaskan bahwa pengambilan KTP el dapat dilakukan di kecamatan, tetapi untuk Kecamatan Pundong, oleh petugas  kecamatan  KTP el langsung diantarkan ke rumah masing2 pemohon KTP el.(Bid PIAK PD)


Layanan Pengaduan
  • TELEPON: (0274) 367526
  • WHATSAPP: +62 853-2746-667
  • Email: disdukcapil@bantulkab.go.id
IKM
Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini
Pengunjung
  • Pengunjung: 673192
  • Online: 1
  • Hari ini: 1660