Berita

EVALUASI AKIB OLEH INSPEKTORAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rabu Kliwon, 12 September 2018 15:25 WIB 141

foto

Rabu tanggal 12 September 2018 bertempat di Gedung Induk Lantai III Parasamya diselenggarakan evaluasi SAKIP yang bertujuan untuk mengukur perkembangan efektivitas implementasi SAKIP di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. Ada beberapa aspek yang menjadi bahan evaluasi diantaranya perencanaan kinerja, pengukuran kinerja dan pelaporan.

Untuk aspek perencanaan dinas kependudukan dan pencatatan sipil telah menyelaraskan program dan kegiatan dengan RPJMD. Pada review Renstra  perubahan juga telah telah dievaluasi mengenai program kerjanya yang dahulu terdapat 2(dua) program telah diubah menjadi 3(tiga)program yang mana dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Struktur Organisasinya mengampu tipe B yang didalamnya terdapat tiga bidang , yakni bidang Pendaftaran Penduduk, bidang Pencatatan Sipil dan bidang PIAK dan Pemanfaatan Data , oleh  karena itu Renstra Perubahan ini juga telah menyesuaikan dengan perubahan RPJM , baik program dan kegiatan beserta pendanaannya.

Dari review Renstra  yang paling menonjol adalah perubahan IKU Dinas dari persentase cakupan kepemilikan KTP,Persentase cakupan kepemilikan akta kelahiran usia 0-18,dan IKM diubah menjadi Rata-rata Cakupan Kepemilikan dokumen adminduk,hal ini karena rata-rata cakupan ini sudah menghimpun dari berbagai indikator pelayanan yaitu KTP-el,KK,Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Untuk Aspek pelaporan dinas dukcapil juga sudah melaksanakan pelaporan LKJ sesuai templet dan sesuai dengan jadwalnya dan juga telah dipublikasikan di website Dukcapil. Untuk aspek pengukuran kinerja dukcapil capaian indicator kinerja caupan kepemilikan KTP yang sudah dicapai menunjukkan hasil yang baik target yang ditetapkan 100 % realisasinya sebesar 97,45 % atau tercapai 97,45 % berkriteria sangat tinggi disbanding dengan realisasi tahun sebelumnya sebesar 96,22 % atau tercapai sebesar 96,22, maka pencapaian tahun 2017 ini, meningkat 1,28 %. Untuk capaian indicator kinerj Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran usia 0 – 18 tahun tercapai hasil yang baik,dari target yang ditetapkan di tahun 2017 sebesar 85%, realisasinya mencapai 91,74 % tercapai 107,92%. Atau bernilai kinerja sangat tinggi dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya sebesar 90,48% atau meningkat 1,39 %. Sedangkan untuk Capaian indicator kinerja Indeks Kepuasan Masyarakat yang sudah dicapai menunjukkan hasil yang baik dengan target yang ditetapkan di tahun 2017, 81 % realisasinya sebesar 80,27 % , berkriteria sangat tinggi dibandingrealisasi tahun sebelumnya sebesar 80,18 atau capaian meningkat sebesar 0,11 %. (Subbag Perencanaan, Keuangan dan asset)