Berita

KUNJUNGAN DIRJEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KEMENTRIAN DALAM NEGERI KE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANTUL

Jumat Pahing, 21 Agustus 2015 13:58 WIB 3011

foto
Foto bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri dan Rombongan

         Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof.Dr. Zudan Arif Fahrullah, SH , MH berkunjung ke Dinas Dukcapil Bantul. Jumat, 14 Agustus 2015 .Dengan didampingi beberapa staf Ditjen Dukcapil dan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah DIY. Rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Riyantono, M.Si. dan Kepala Dinas Dukcapil Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, MT beserta staf .

       Dirjen Dukcapil meninjau Proses Pelayanan kepada masyarakat antara lain : Perekaman KTP–el, Legalisasi Dokumen Kependudukan, Mutasi Penduduk, Rekomendasi Penduduk, Penerbitan Akta Pencatatan Sipil, Pembuatan Kartu Insentif Anak, serta tempat penyimapanan Arsip/Dokumen  Kepala Dinas Dukcapil Kab. Bantul menyampaikan inovasi-inovasi yang teladilaksanakan di Dinas Dukcapil Bantul antara lain :

  1. Program Percepatan Akta Kelahiran dan Percepatan Akta Kematian Untuk Akta Kelahiran bekerjasama dengan RSUD Panembahan Senopati, RSU PKU Muhammmadiyah Bantul, Petugas Desa, dan Petugas PKH. Dalam Program Percepatan Akta Kelahiran Bayi lahir mendapatkan Kutipan Akta Kelahiran dan NIK
  2. Program Kartu Insentif Anak (KIA),
  3. SMS Gateway sebagai sarana untuk memberi informasi jika Akta yang dimohonkan sudah selesai / bisa diambil
  4. Digitalisasi dokumen kependudukan berdasarkan sistem informasi Administrasi Kependudukan terkini yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 5.
  5. Sistem pelayanan Pra front office untuk memastikan bahwa persyaratan permohonan Akta Pencatatan Sipil sudah lengkap,
  6. Intregrasi Jaringan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dan SIMKAH ( Sistem Informasi Manajemen Nikah ) bagi pencatatan perkawinan yang muslim.

      Dirjen Dukcapil mengapresiasi baik terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Bantul, serta diperolehnya Sertifikasi ISO 9001: 2008. Inovasi yang telah dilaksanakan oleh Disdukcapil Bantul dapat dijadikan masukan bagi pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia.