Berita

SOSIALISASI KARTU INSENTIF ANAK ( KIA )

Senin Pon, 30 November 2015 09:07 WIB 1644

Sosialisasi Kartu Insentif Anak ( KIA ) pada hari Jumat, 27 November 2015 ini dengan peserta Kepala Sekolah SD/MI se Kecamatan Jetis dan beberapa Kepala Sekolah SD di Kecamatan Bantul. Sebagai narasumber utama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, MT.

Dalam sambutannya Ir Fenty Yusdayati, MT menjelaskan beberapa hal terkait dengan KIA, antara lain  pengertian, tujuan, manfaat, ruang lingkup, persyaratan permohonan dan mitra kerja dengan fasilitas dan kemudahan-kemudahan yang disediakan dari program KIA itu sendiri.

Beberapa mitra kerja yang menjalin kerja sama yaitu : Bank BPD dan Bank BRI di wilayah Bantul, Toko Pantes Group, Toko Buku Social Agency Gabusan , Toko Buku Gramedia di Yogyakarta, Rumah Makan Bale Ayu, Grand Puri Water Park di Gabusan, Balong Water Park di Balong, Potorono, Banguntapan, Apotek manding di Jalan Parangtritis dan Apotek Indah Farma di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo Bantul.

Sebagai Narasumber dari BPD Cabang Bantul Bapak Abi menjelaskan kemudahan yang didapat anak apabila membuka rekening di BPD, antara lain bebas biaya administrasi tiap bulannya dan mendapatkan souvenir. Jenis tabungan yang disediakan yaitu TUNAS adan Tabungan Simpanan Pelajar. Bank BPD Bantul juga  bersedia melayani pembukaan rekening secara kolektif ke sekolah-sekolah.

Narasumber dari BRI Cabang Bantul, Ibu Marina juga menjelaskan beberapa kemudahan yang diperoleh anak jika membuka rekening di BRI antara lain bebas biaya administrasi tiap bulan dan memperoleh souvenir. Nama tabungannya Britama Junior.  BRI Cabang Bantul, juga melayani pembukaan rekening secara kolektif ke sekolah-sekolah. Apabila ingin menggunakan fasilitas ATM hanya menambah biaya Rp. 500,-, ATM berkarakter tokoh-tokoh kartun anak seperti Tom & Jerry,dll. Apabila pembukaan rekening mencapai jumlah tertentu akan ada kompensasi untuk pihak sekolah tersebut, misalnya : pengecatan pagar, dll.