Berita

DISDUKCAPIL KABUPATEN BANTUL SIAP MENUJU ISO 9001-2015

Senin Pon, 23 Januari 2017 11:20 WIB 1429

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada tahun 2015 telah berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2008 dan bisa mempertahankannya pada surveillance tahap I di tahun 2016. Di tahun 2017 sertifikasi ISO Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul akan ditingkatkan  menjadi versi 9001:2015. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul menjadi percontohan Organisasi Perangkat Daerah se-Indonesia. Bupati Bantul berharap semua OPD di lingkungan Kabupaten Bantul  mendapatkan sertifikasi ISO.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Bapak Bambang Purwadi Nugroho, SH.MM dalam acara Koordinasi Pendampingan SMM ( Sistem Manajemen Mutu ) pada hari Senin tanggal 16 Januari 2017 di Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul yang dihadiri  oleh Pendamping ISO dan seluruh Tim ISO Disdukcapil Kabupaten Bantul.

Bapak Drs.Qomarudin, M.Kes  selaku pendamping ISO menyampaikan bahwa tuntutan masyarakat akan  pelayanan publik yang akuntabel, cepat, inovatif  dan transparan semakin dibutuhkan, sehingga pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang sudah baik ini dapat terus ditingkatkan menjadi semakin baik lagi .

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan hal-hal yang perlu dipersiapkan terkait ISO 9001:2015 antara lain Perubahan beberapa dokumen ISO ( Standar Operasional Prosedur ), Buku Manual Mutu, Prosedur Kerja, Sasaran Mutu baik karena  penambahan pejabat struktural maupun karena pergantian pejabat tinggi pratama/Kepala Dinas serta perlunya penambahan sarana di lingkungan kantor, seperti zona/arena bermain anak dan anjungan untuk Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di dinas.

Terkait hal tersebut , Tim ISO 9001:2015 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul segera mempersiapkan diri guna menyambut Audit Eksternal yang akan dilaksanakan sekitar bulan September atau Oktober tahun 2017. (an. PIAK PD )