Berita

AUDIENSI TINDAK LANJUT PELAKSANAAN PAPERU

Kamis Legi, 26 Januari 2017 15:32 WIB 1392

foto

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kependudukan  dan akurasi data kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul melaksanakan program PAPERU ( Pasangan Baru KTP dan KK Baru ). Program  PAPERU ini dimaksudkan untuk mempermudah penduduk Kabupaten Bantul yang melaksanakan pernikahan di KUA akan mendapatkan 3 dokumen sekaligus pada saat penyerahan  Buku Nikah yaitu  Buku Nikah, KK dan KTP dengan status baru. Prosedur pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengurus perubahan status setelah melangsungkan pernikahan.

Demikian disampaikan oleh Bapak Bambang Purwadi,SH.MH  dalam acara audiensi antara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul pada hari Rabu tanggal 25 Januari 2017 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Kunjungan dimaksudkan untuk membahas kebijakan terkait pelaksanaan PAPERU di tahun 2017. Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas didampingi oleh Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaaatan Data.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul  Bapak Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I menyampaikan bahwa  beliau dan segenap jajarannya di tingkat KUA siap bekerja sama dan mendukung sepenuhnya program PAPERU tersebut. Menurut data perkawinan di KEMENAG  Bantul  ada 6000 pasang penduduk bantul yang menikah di tahun 2016. Dengan program  PAPERU tersebut akan sangat membantu pasangan yang baru saja menikah di KUA untuk mendapatkan KK dan KTP  dengan perubahan status baru. (an. PIAK PD )