Berita

SOSIALISASI PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN UNTUK OPD DI KABUPATEN BANTUL

Selasa Pahing, 24 Oktober 2017 14:48 WIB 1872

foto

Pada hari Senin Tanggal 23 Oktober 2017 bertempat di Aula Lantai II  KPRI Adil Jl. Dr. Wahidin  Sudirohusodo Bantul diselenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan yang dihadiri oleh  Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan Puskesmas se Kabupaten Bantul.

 

Dalam kesempatan tersebut disampaikan materi mengenai Tata Cara Pemanfaatan NIK dan Data Kependudukan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul ( Bambang Purwadi Nugroho, SH.MH). Disampaikan oleh beliau bahwa untuk memperoleh Data Kependudukan  harus dipenuhi prosedur dan tata cara yang ditentukan sesuai dengan PERMENDAGRI nomor 61 Tahun 2015. Sesuai dengan Permendagri 61 tahun 2015 semua lembaga pengguna yang akan memanfatkan data kependudukan harus mengajukan ijin kepada Bupati dan Disdukcapil diberi tembusan, dengan syarat lembaga pengguna mempunyai aplikasi yang dapat terhubung dengan server warehouse dukcapil. Setelah ijin Bupati diterima maka ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan lembaga pengguna.

Ditambahkan oleh Kabid PIAK dan Pemanfatan Data Disdukcapil Bantul bahwa apabila lembaga pengguna membutuhkan data agregat(jumlah) dapat menggunakan fasilitas di website Dukcapil Bantul. Dalam website disediakan data agregat kependudukan yang dapat dimanfatkan oleh lembaga pengguna.(Bid.PIAK PD)

.


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Media Sosial

IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

Pengunjung
  • Pengunjung: 2779151
  • Online: 21
  • Hari ini: 1069