Berita

PENANDATANGANAN KERJASAMA PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN 13 PUSKESMAS DI KABUPATEN BANTUL

Jumat Pahing, 23 Maret 2018 12:08 WIB 934

foto

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Bantul, salah satunya melalui Pemanfaatan Data Kependudukan oleh lembaga pengguna.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, SH.MH) dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan antara Disdukcapil dengan Puskemas di  lingkungan Kabupaten Bantul di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Kamis, (22 Maret 2018).

Dalam kesempatan itu, Bambang Purwadi Nugroho menegaskan bahwa Pemanfaatan Data Kependudukan merupakan salah satu Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang 24 Tahun 2013 tentang Perubahan UU 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses serta Pemenfaatan NIK, Data Kependudukan dan KTP-el. Dengan adanya kerjasama ini, maka data kependudukan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pembangunan, namun tetap terjaga kerahasiaan datanya terutama data perorangan yang sangat dilindungi oleh undang-undang.

Dalam acara tersebut telah ditandatangi Perjanjian Kerjasama Data untuk 13 Puskesmas yaitu : Puskesmas Sedayu 2,  Bambanglipuro, Piyungan, Bantul 1, Kasihan 2, Dlingo 2, Pandak 2, Banguntapan 1, Banguntapan 2, Banguntapan 3, Pleret, Pajangan  dan Sewon 1

Ditambahkan oleh Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data (Emmy Nikmawati, SH) bahwa fasilitas Kesehatan tingkat bawah yaitu Puskesmas dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat perlu verifikasi dan validasi data pasien, maka sangat diperlukan data kependudukan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Ke depan, diharapkan semakin banyak lembaga pengguna/pemanfaatan data penduduk ini, sehingga tercipta Pelayanan Publik yang semakin tertata, efisien dan efektif dan terpenting membahagiakan masyarakat. Dukcapil BISA. (Bid. PIAK PD)