Berita

UJI COBA INOVASI PAGODA (Perekaman KTP El Plus Tes Golongan Darah)

Senin Wage, 23 Juli 2018 16:24 WIB 502

foto

Data Kependudukan Semester II Tahun 2017 menunjukkan bahwa 613.071 penduduk belum tercantum golongan darah. Dari jumlah tersebut 415.822 yaitu wajib KTP.  

Realitas tersebut menimbulkan keprihatinan Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul bagaimana agar masyarakat yang belum ada data golongan darahnya terfasilitasi untuk melakukan tes golongan darah di satu tempat bersamaan pengurusan dokumen kependudukannya.

Karena kebanyakan penduduk wajib KTP maka untuk tahap awal ini yang kita fokuskan yaitu adalah  mendorong pengunjung yang akan melakukan perekaman KTP El yang belum ada data golongan darahnya.

Sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada Permendagri Nomor 74 Tahun 2015 tentang Tata Cara Perubahan Elemen Data Penduduk Dalam KTP Elektronik maka untuk melengkapi database penduduk, khususnya pada elemen “golongan darah” apabila ada perubahan / pengisisan dilakukan dengan cara melampirkan surat keterangan medis.

Sehubungan dengan hal tersebut maka Dukcapil Bantul berusaha menggandeng instansi/lembaga yang berkompeten mengeluarkan keterangan medis yang menerangkan golongan darah seseorang. Setelah melalui tahapan penjajagan pada lembaga/instansi akhirnya gayung bersambut dengan PMI Kab. Bantul untuk mewujudkan informasi  data golongan darah seseorang sedangkan PMI memerlukan orang yang mau mendonorkan darahnya. Selanjutnya kedua belah pihak mengadakan perjanjian kerja sama antara Dinas Dukcapil Kab. Bantul dan PMI Kab. Bantul yang diberi nama Pemutakhiran Data Golongan Darah Penduduk Dalam Database Kependudukan, dengan Nomor : 28/PK/Bt/2018 dan 32/02.05.02/KEP/PK-PMI/VII/2018 yang ditandatangani oleh Bambang Purwadi Nugroho, SH, MH selaku Kepala Dinas Dukcapil Kab. Bantul sebagai Pihak Kesatu dan H. Mohammad Wirmon Samawi, SE, MIB selaku Ketua PMI Kab. Bantul sebagai Pihak Kedua.

Implementasi dari Perjanjian Kerja Sama tersebut mendasari munculnya ide  inovasi yang selanjutnya dinamai PAGODA (Perekaman KTP El Plus Tes Golongan Darah). ( Bid. PIAK PD)