Berita

UJI COBA TANDA TANGAN ELEKTRONIK (TTE) PADA AKTA KELAHIRAN DAN KARTU KELUARGA

Senin Pahing, 18 Maret 2019 09:36 WIB 397

foto

Bantul-Terhitung mulai Senin 18 Maret 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul melaksanakan ujicoba pelaksanaan Tanda Tangan elektronik (TTE) pada dokumen Akta kelahiran dan Kartu Keluarga. Disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H.) pelaksanakan ujicoba  Tanda Tangan Elektronik (TTE) ini menindaklanjuti  hasil Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019 yang diselenggarakan di Makassar pada tanggal 7-9 Februari 2019 antara lain bertujuan untuk memantapkan tata kelola pelaksanaan kependudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital.

Adapun salah satu point Hasil Rakornas tersebut adalah : Dalam rangka memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan aman, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/kota terus meningkatkan kualitas layanan dengan menggunakan inovasi yang berbasis teknologi digital dan menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) untuk menerbitkan dokumen akta kelahiran, akta kematian, surat keterangan pindah datang, dan kartu keluarga mulai tahun 2019. Ditambahkan oleh Kepala Dinas Dukcapil  bahwa TTE dilaksanakan untuk dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, untuk dokumen kependudukan lainnya akan ditindaklanjuti selanjutnya.

Dengan adanya perubahan ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui tentang perubahan tanda tangan di dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.  Contoh dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sebelum dan sesudah TTE dapat dilihat dalam foto berikut. (Arie_PIAK)