Berita

LAUNCHING GO AKTA DUKCAPIL BANTUL LENGKAPI INOVASI PELAYANAN

Ahad Kliwon, 5 Mei 2019 05:54 WIB 287

foto

(Bantul) – Dalam rangka melengkapi inovasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul melaunching kembali inovasi pelayanan kepada masyarakat yaitu GO AKTA. Inovasi GO AKTA adalah inovasi pelayanan akta online untuk Rumah Sakit/Puskesmas rawat inap yang menyelenggarakan pelayanan kelahiran bagi penduduk Bantul. Dari pelayanan ini diharapkan penduduk yang  melahirkan di Rumah Sakit/Puskesmas dapat pulang dengan membawa Akta Kelahiran anaknya sebagai bentuk kepedulian Rumah Sakit/Puskesmas untuk pemenuhan Hak Anak dalam mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Bantul. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho,S.H,M.H) dalam acara Sosialisasi dan Launching Go Akta (Akta Kelahiran Online bagi Rumah Sakit/Puskesmas di Kabupaten Bantul) Kamis 3 Mei 2019 di Gedung Pertemuan SMK 1 Manding Bantul.

Dalam acara tersebut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan (Dra. Sri Ediastuti, M.Sc) mewakili Bupati Bantul. Dalam sambutannya Bupati Bantul yang dibacakan oleh Asisten I , Bupati Bantul menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul yang sudah memberikan komitmen pelayanan kepada masyarakat dengan baik terutama agar pelayanan lebih memudahkan masyarakat, masyarakat tidak perlu antri ke Dukcapil. Ditambahkan juga bahwa dari 26 Puskemas baru ada 4 Puskesmas yang sudah melaksanakan, nantinya diharapkan semua Puskesmas rawat inap bisa menerapkan inovasi tersebut.

Launching GO AKTA ditandai dengan penyerahan  Kutipan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul kepada 2 Rumah sakit yaitu RSUD Panembahan Senopati dan RS PKU Muhammadiyah Bantul. Dilanjutkan penyerahan jaket dan helm untuk petugas caraka yang bertugas mengantar Akta kelahiran online ke Rumah Sakit/Puskesmas.

Ditambahkan oleh Bambang Purwadi Nugroho bahwa melalui Aplikasi Disdukcapil Smart Bantul maka masyarakat hanya cukup dari rumah untuk melaporkan permohonan akta kelahirannya karena konsep yang ada sekarang adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, tidak perlu antri dan menugggu lama di Dinas, cukup hanya sampai Rumah Sakit / Puskesmas saja nantinya masyarakat sudah mendapatkan Kutipan AKta Kelahiran, Kartu Kelahiran, NIK dan KIA secara gratis. (ririe)