Berita

LANJUTKAN KAPERU: DISDUKCAPIL DAN KEMENAG BANTUL TANDA TANGANI NOTA KESEPAKATAN

Senin Pon, 13 Mei 2019 14:37 WIB 194

foto
Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Disdukcapil dengan Kemenag Bantul

Bantul – Bertempat di Gedung Pertemuan SMK Muhammadiyah  1 Bantul senin 13 Mei 2019 dilaksanakan penandatangan  Nota Kesepakatan antara Disdukcapil Bantul dengan Kantor Kemenag Bantul tentang program perubahan identitas di Kartu Keluarga dan KTP el bagi pengantin baru melalui sinkronisasi data dan integrasi SIMKAH dan SIAK di Kabupaten Bantul . KAPERU (KTP KK baru untuk pengantu baru ) merupakan program perubahan identitas di Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk bagi masyarakat yang menikah di KUA maka  langsung mendapatkan KK dan KTP dengan status baru bersamaan dengan peneriman kutipan akta nikah. Penandatangan nota kesepakatan  disaksikan oleh Wakil Bupati Bantul (H.Abdul Halim Muslih), Asisten I Bidang Pemerintahan (Dra. Sri Ediastuti, M.Sc), Kepala Kantor Kemenag Bantul (Drs.Buchori Muslim, M.Pd.I), Kepala KUA di 13 Kecamatan dan juga OPD terkait.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H.) menyampaikan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini adalah merupakan kelanjutan dari perjanjian kerjasama antara Pemkab. Bantul Nomor: 31.1/PK/Bt/2017 & Nomor: 2463.12/Kk.12.01/6/PW.01/05/2017 tentang Program Perubahan Identitas di Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk ElektronikBagi Pengantin Baru Melalui Sinkronisasi Data dan Integrasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Kabupaten Bantul yang ditandatangani pada 12 Mei 2017, yang merupakan dasar dilaksanakan Inovasi KAPERU. “Pada awal perjanjian ditandatangani, ruang lingkup hanya di KUA Bantul dan KUA Pleret, kemudian pada tanggal 20 April 2018 dilakukan addendum yang pertama dengan tambahan ruang lingkup KUA Imogiri dan KUA Piyungan kemudian pada tanggal 1 Oktober 2018 dilakukan addendum dengan tambahan ruang lingkup KUA Pandak, KUA Pajangan, KUA Bambanglipuro, dan KUA Dlingo”,imbuhnya.

Dalam sambutan dan arahannya Wakil Bupati Bantul menyampaikan bahwa Pemerntah Kabupaten Bantul sangat mengapresiasi Dukcapil dan Kemenag Bantul karena dengan adanya inovasi Kaperu ini akan lebih memudahkan masyarakat dalam memutakhirkan datanya, karena pemutakhiran mutlak diperlukan agar penduduk bias mendapatkan hak-haknya.

Penandatangan Nota Kesepakatan  dilaksanakan  oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H., M.H. dengan Kepala Kantor Kemenag Kab. Bantul (Drs.H.Buchori Muslim, S.Pd.I) dengan Nomor : 10/MoU/Bt/2019 dan 2151/K.K12/01/6/PW.01/5/2019 dengan menambahkan 9 KUA Kecamatan yangbelum yaitu : Kretek, Sanden, Srandakan, Sedayu, Jetis, Sewon, Pundong, Kasihan dan Banguntapan. (ririe)