Berita

SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA KEPENDUDUKAN 2019

Kamis Pahing, 11 Juli 2019 17:59 WIB 211

foto
Narasumber Sosialisasi Pemutakhiran Data 2019

Bantul – Bertempat di aula Bank Bantul Rabu, 10 Juli 2019 diselenggarakan Sosialisasi Pemutakhiran Data Kependudukan tahun 2019. Acara dihadiri oleh unsur kecamatan, desa dan unsur Karang Taruna Kabupaten Bantul. Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut yaitu Alimin Ribut Sujono, S.H. (Ketua Pengadilan Negeri Bantul) dan Maria Goreti Sunarwati, S.H (Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Bantul). Sosialisasi diadakan dengan tujuan agar pemutakhiran data kependudukan sebagai salah satu elemen pokok dalam GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) dapat dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Bantul.

Acara dimulai dengan laporan panitia penyelenggaraan oleh Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Emmy NIkmawati, S.H), dilanjutkan dengan pembacaan sambutan dan pengarahan Bupati Bantul yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H). Dalam sambutannya Bupati menyampaikan apresiasi kepada Disdukcapil bahwa sebagai perangkat daerah Dukcapil sudah menjalankan fungsinya dengan baik yaitu  selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi yang sudah dilaksanakan.

Materi Sosialisasi pertama disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul (Alimin Ribut Sujono, S.H) tentang akibat hukum perubahan nama dan pengangkatan anak. Dalam paparannya Ketua Pengadilan Negeri Bantul menekankan pentingnya kebenaran data ketika mengajukan permohonan akta kelahiran atau akta kematian karena ketika data yang diberikan tidak sesuai  maka akan berakibat terhadap data selanjutnya. Perlunya kehati-hatian dan kecermatan dalam menyampaikan data  “ imbuh beliau.

Tata Cara permohonan penetapan pengadilan menjadi materi selanjutnya yang disampaikan oleh Jaksa Fungsional dari Kejaksanaan Negeri Bantul.  Selanjutnya disampaikan materi tentang pentingnya pemutakhiran data kependudukan  dan Kebijakan Adminduk oleh Kadinas Dukcapil. (ririe)