Berita

SOSIALISASI KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DAN AKTA KELAHIRAN UNTUK TIM PENGGERAK PKK BANTUL

Rabu Pon, 17 Juli 2019 14:03 WIB 164

foto

Bantul – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul (Erna Suharsono) menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran di SMK Muhammadiyah 2 Bantul Manding Trirenggo Bantul pada hari Rabu 17 Juli 2019 yang diikuti oleh 100 orang dari Tim Penggerak PKK Kabupaten dan desa se Kabupaten Bantul. Tujuan diadakannya sosialisasi kepada Tim Penggerak PKK adalah agar TIM Penggerak PKK sebagai motor penggerak pembangunan di masyarakat dapat menyebarluaskan dan memberikan informasi terkait Kartu Identitas anak (KIA) dan Akta Kelahiran kepada warga di daerahnya karena ditahun  2019  semua anak harus mempunyai KIA.  Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H). Melalui Tim Penggerak PKK masyarakat dapat mengajukan kolektif pengajuan KIA dan akan dijadwal lebih lanjut, imbuh beliau.

Narasumber selanjutnya dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bantul (Endro Sulastomo, S.H) yang memberikan materi tentang pentingnya dokumen kependudukan bagi penduduk. Disdukcapil Bantul sebagai perangkat daerah yang melaksanakan tugas sebagai pelayanan publik memberikan kontribusi yang besar bagi terselenggaranya pelayanan publik.

Dalam paparannya Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil (Darwatiningsih,S.Si,M.Si) menyampaikan tentang persyaratan dan tata cara pelayanan akta kelahiran baik melalui online maupun langsung kepada masyarakat. Tim Penggerak PKK diharapkan bias menjembatani dan memberikan informasi kepada masyarakat agar dapat segera mengurus dokumen kependudukannya. Acara ditutup dengan tanya jawab dan teknis penambahan mitra kerja KIA diantaranya dengan Neutron dan Ganesha Operation Bantul yang akan segera dilaksanakan di bulan Agustus. (ririe)