Berita

BENCHMARKING DIKLATPIM IV ANGKATAN I BPSDM KEMENDAGRI RI DI DISDUKCAPIL BANTUL

Senin Wage, 16 September 2019 15:42 WIB 182

foto
Kunjungan Benchmarking BPSDM Kemendagri RI di Disdukcapil Bantul (16 September 2019)

Senin, 16 September 2019 sebanyak 11 orang peserta Diklatpim IV angkatan I BPSDM Kemedagri RI mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul dalam rangka Benchmarking mengenai inovasi layanan di Dinas Dukcapil Bantul . Rombongan dipimpin oleh Wawan Hermawan dan ditemui langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H.) didampingi oleh Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data (Emmy NIkmawati, S.H) dan jajaran Disdukcapil Bantul. Maksud dan tujuan benchmarking ini adalah agar peserta Diklatpim IV dapat memperoleh  ide dan acuan dalam menyusun proyek perubahan mereka, terutama dengan inovasi-inovasi yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Bantul, demikian disampaikan oleh pimpinan rombongan (Wawan Hermawan).

Setelah disampaikan mengenai maksud dan tujuan benchmarking oleh pimpinan rombongan acara dilanjutkan dengan sambutan ucapan selamat datang sekaligus paparan mengenai inovasi-inovasi yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul mengharapkan peserta Diklatpim IV ini dapat memperoleh ilmu yang untuk dapat menjadikan inspirasi dalam penyusunan proyek perubahan.

Inovasi yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul meliputi : SITUPAT, MORO LEGA, KAPERU, AKSI SIMPATI dan aplikasi online (Dukcapil Smart Bantul), dan semua inovasi ini ada kendala maupun hambatannya, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Kita akan selalu mengadakan evaluasi dan monitoring tentang keberlanjutan inovasi ini karena inovasi harus ada keberlanjutan dan penyempurnaan di masa depan, ” Imbuh beliau.

Acara ditutup dengan diskusi dan tanya jawab bagi peserta benchmarking yang langsung dijawab oleh Kepala Dinas , kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke ruang pelayanan. (ririe)