Berita

DUKCAPIL BANTUL TETAPKAN STANDAR PELAYANAN (SP) ADMINDUK TAHUN 2019

Rabu Legi, 18 September 2019 13:50 WIB 151

foto
Penetapan Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan tahun 2019

Standar Pelayanan (SP) Administrasi Kependudukan Tahun 2019 sudah ditetapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul.  Bertempat di Gedung SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada tanggal 17 September 2019 ditanda tangani Standar Pelayanan (SP) oleh beberapa wakil dari beberapa elemen  diantaranya : 1. Komisi Informasi Daerah 2. Lembaga Ombudsman Daerah DIY 3. Tokoh Masyarakat 3. Anggota DPRD Kabupaten Bantul 4. Staf Ahli Bupati 5. Perwakilan Mitra KIA 6. FORPRI Bantul. Dalam sambutan dan pengarahannya  Asisten I Bidang Pemerintahan (Dra. Sri Ediastuti, M.Sc) beliau sangat mengapresiasi langkah Dukcapil dalam penyusunan Standar Pelayanan ini karena SP sangat diperlukan sebagai pedoman bagi Dinas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ditambahkan beliau bahwasanya Regulasi yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten sudah banyak berubah  diantara  yaitu bahwa pindah datang  dan keluar sudah tidak memerlukan surat pengantar lagi dan kebijakan layanan daring untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya disampaikan materi sosialiasi Standar Pelayanan Adminduk oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H). Menurut Kadinas Dukcapil Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan meliputi : 1. Pencatatan Biodata Penduduk 2. Penerbitan KK 3. Penerbitan KTP elektronik 4. Penerbitan KIA 5. Penerbitan Surat Keterangan Kependudukan 6. Pendataan Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan 7. Penerbitan Akta Kelahiran 8. Pencatatan Lahir Mati 9. Penerbitan Akta Perceraian 10. Pencatatan Pembatalan Perkawinan 11. Pencatatan Pembatalan Perceraian 12. Pencatatan Pengangkatan Anak 13. Pencatatan Pengakuan Anak 14. Pencatatan Pengesahan Anak 15. Pencatatan Perubahan Nama 16. Pencatatan Perubahan Status Kewarganegaraan 17. Pencatatan Perubahan Peristiwa Penting Lainnya 18. Pencatatan Pembetulan Akta 19. Pencatatan Pembatalan Akta 20. Pencatatan Penerbitan Kutipan II 21. Legalisir Fotocopy Dokumen Adminduk.

Dalam kesempatan tersebut juga didiskusikan mengenai Standar Pelayanan yang akan ditetapkan, banyak masukan  dalam penyusunan  Standar Pelayanan Adminduk yang sifatnya membangun dan lebih mempermudah pelayanan kepada masyarakat . Staf ahli Bupati Bantul (Tri Suparyanto) diantaranya mengingatkan tentang pentingnya sosialisasi kepada Dukuh dan Lurah terkait kebijakan kependudukan. Dari Komisi Informasi Daerah (Martan K) menyampaikan perlunya  disampaikan tatacara pengajuan keberatan dan informasi apa yang boleh diberikan atau informasi yang dikecualikan.

Dari anggota DPRD Bantul (Yasmuri) menyampaikan bahwa kebijakan Dukcapil perlu diumumkan bahwa perlu dibuat banner Standar Pelayanan (SP) di tingkat desa sehingga aparat desa bisa menjelaskan ketika ada pertanyaan kepada masyarakat dan juga  dalam bentuk cetak dan ditempel di papan pengumuman karena banyak dari masyarakat yang belum paham mengenai teknologi informasi. Acara diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Standar Pelayanan oleh semua  perwakilan dari elemen masyarakat yang hadir. (ririe)