Berita

CETAK KIA BANTUL PECAHKAN REKOR MURI

Selasa Pon, 15 Oktober 2019 20:01 WIB 170

foto
Penyerahan KIA untuk anak usia dini di Stadion Sultan Agung Bantul.

Bantul- Bertempat di Stadion Sultan Agung Bantul Selasa 15 Oktober 2019 dibagikan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak usia dini se Kabupaten Bantul sejumlah 10.169 keping oleh pemerintah Kabupaten Bantul. Penyerahan KIA ini memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Bantul yang dimotori oleh Dinas DIKPORA dan Dinas Dukcapil Bantuk dengan koordinatir Bunda PAUD dan TP PKK Kabupaten Bantul berhasil mencetak KIA dengan mencetak rekor MURI.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul (Drs.H.Suharsono), Bunda PAUD (Erna Suharsono), Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul (Drs.Helmi Jamharis,M.M), Asisten I Bidang Pemerintahan (Dra. Sri Ediastuti,M.Sc), Wakapolres Bantul, Perwakilan dari KODIM Bantul, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Bantul, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H), Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Isdarmoko) dan juga perwakilan dari OPD di Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya Bupati Bantul(Drs.Suharsono) menyampaikan upaya mensejahterakan masyarakat Bantul salah satunya dengan memberikan pelayanan pemberian identitas bagi anak yaitu KIA.  KIA juga menandai program penerimaan siswa didik baru (PPDB) yang wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari tingkat SD sampai SMA, tambah beliau.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul (Bambang Purwadi Nugroho,S.H,M.H)  mengatakan, program pembagian 10 ribu kartu ini, adalah hasil kerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bantul yang diketuai Erna Suharsono.

"TP PKK memiliki peran strategis membantu mempercepat ketercakupan KIA di Bantul. TP PKK berhasil mensosialisasikan ke kadernya sampai tingkat dusun untuk mendata anak-anak yang belum memiliki KIA. Dan ini hasilnya," katanya. Lebih lanjut Bambang mengatakan, dengan terpecahnya rekor Muri ini, maka ini menjadi momentum bagi instasinya maupun Pemkab Bantul untuk lebih memepercepat serta memfasilitasi berbagai pengurusan administrasi yang lebih baik.

Sri Widayati (senior Manajer MURI) mengatakan, pembagian KIA oleh Pemkab Bantul ini mengalahkan rekor pembagian kartu Pramuka yang dipegang Kabupaten Banjarbaru, Kalimantan Selatan. ''Banjarbaru memecahkan rekor dengan membagikan 5.208 kartu Pramuka serentak, satu waktu dan satu tempat pada 6 Juli kemarin. Awal pengajuan kami meminta Bantul harus lebih 10 persen untuk mengalahkan rekor tersebut,''. (Bid. PIAK)