Berita

Cegah Covid 19 Dukcapil Bantul Gunakan Layanan Online

Selasa Wage, 28 April 2020 09:55 WIB 431

foto
Layanan Online Disdukcapil Bantul

Dalam upaya pencegahan penularan Covid 19 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul meniadakan layanan tatap muka atau langsung. Masyarakat dapat menggunakan layanan online melalui Aplikasi DUKCAPIL SMART, layanan ini meliputi pelayanan cetak KTP el, KIA, Perubahan Data, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Datang, Pindah Keluar, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, demikian disampaikan leh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H.,M.H.) di ruang kerjanya Senin 28 April 2020.

Dijelaskan oleh beliau sembilan menu di aplikasi DUKCAPIL SMART akan memudahan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya. Dengan mengunduh aplikasi di playstore dan memasukkan data-data permohonan maka dokumen kependudukan yang dimohonkan dapat diterima oleh masyarakat tanpa harus datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hasil dari pengajuan permohonan yang berupa dokumen akan dikrimkan melalui email kepada pemohon. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam pelayanan Adminduk, blangko Kartu Keluarga (KK) dan Akta Pencatatan Sipil  menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gr. Jadi untuk saat ini kami sudah tidak mengeluarkan lagi dokumen kependudukan dengan bangko security, “Imbuhnya.

Masyarakat jangan bingung lagi jika menerima dokumen hanya dengan kertas HVS putih, asal ada Barcode nya dan barcode tersebut bisa di verifikasi lewat aplikasi Very DS untuk melihat keasliannya, “tandas beliau.

Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada dokumen kependudukan sudah diterapkan mulai dilaksanakan di Disdukcapil Kabupaten Bantul mulai tanggal 18 Maret 2019 meliputi dokumen Kartu Keluarga (KK), Akta Pencatatan Sipil, Biodata Kependudukan dan  Mutasi Penduduk. Dokumen Kependudukan yang sudah TTE tidak perlu dilegalisir lagi , hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 104 tahun 2020 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan.((c) by ririe)