Berita

Koordinasi Lintas Sektoral dengan PT. TASPEN Yogyakarta

Rabu Pon, 5 Agustus 2020 15:07 WIB 421

foto

(Yogyakarta). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul mengadakan koordinasi dengan PT TASPEN Kantor Cabang Yogyakarta terkait dengan Legalisir Dokumen Kependudukan yang sudah ber Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan Kutipan Akta Kematian pada Rabu 5 Agustus 2020. Dalam acara tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil diwakili oleh Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data (Emmy Nikmawati, S.H.) dan di Kantor PT TASPEN Cabang  Yogyakarta ditemui oleh Kasiman (petugas Customer Servise).

Disampaikan oleh Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 104 tahun 2019 pasal 19  bahwa untuk Dokumen Kependudukan yang sudah dengan format digital dan ditanda tangani secara elektronik sudah tidak diperlukan lagi legalisir. Untuk pengecekan kebenaran data dapat menggunakan aplikasi VeryDS yang dapat dunduh di playstore, sedang untuk KTP el dengan alat Card Reader.

Dalam Koordinasi tersebut disepakati bersama bahwa PT TASPEN Yogyakarta sudah melaksanakan aturan dari Permendagri tersebut untuk dokumen yang sudah ber Tanda Tangan Elektronik tidak diperlukan legalisir lagi. Dari Petugas Customer Service disampaikan juga bahwa untuk persyaratan Kartu Keluarga lama  bagi anggota yang meninggal masih diperlukan tanpa harus dilegalisir, untuk membuktikan kebenaran data yang bersangkutan meskipun sudah memiliki Akta Kematian.

Dalam Kesempatan tersebut disampaikan tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 109 tahun 2019 pasal 12 bahwa spesifikasi formulir yang digunakan dalam dokumen kependudukan ( Kartu Keluarga dan Akta-akta Pencatatan Sipil ) dengan ketentuan dicetak dengan HVS ukuran A4 80 gram warna putih. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul sudah mengimplementasikan hal tersebut mulai bulan Mei 2020 dan berlaku Efektif secara nasional mulai 1 Juli 2020.(ririe) 


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Aplikasi Dukcapil Smart Bantul

Media Sosial

Pengunjung
  • Pengunjung: 2858509
  • Online: 20
  • Hari ini: 707