Berita

Gandeng Akademisi dan Tokoh Masyarakat DUKCAPIL Bantul Tetapkan Standar Pelayanan 2020

Rabu Pon, 5 Agustus 2020 15:40 WIB 254

foto

(Bantul). Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Selasa 4 Agustus 2020 ditetapkan Standar Pelayanan(SP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2020. Standar Pelayanan untuk tahun 2020 disesuaikan dengan kondisi pandemic COVID 19 yaitu dengan menambah 17 Standar Pelayanan dengan metode layanan secara DARING sehingga total jumlah Standar Pelayanan sejumlah 40. Acara tersebut dihadiri oleh Tri Suparyanto (Perwakilan Akademisi), Irwan Suryono (perwakilan LSM), Ari Sri Haryanti dan Anggita Yunita (perwakilan dunia usaha) dan Kusnanto (perwakilan Tokoh Masyarakat).

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H.,M.H.) bahwa kewajiban penyelenggara pelayanan publik adalah salah satunya menetapkan Standar Pelayanan. Prinsip Standar Pelayanan adalah sederhana, partisipatif,, akuntabel, berkelanjutan, transparansi dan keadilan. Ditambahkan oleh beliau bahwa Standar Pelayanan di masa pandemi ini diperlukan untuk tetap bias memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bantul. Di era yang serba digital ini diperlukan langkah maju yang akan dijadikan pedoman tertulis bagi para petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Standar Pelayanan menjadi ciri khas profesionalisme aparatur dan akan selalu disempurnakan, sehingga nantinya kinerja pelayan masyarakat dapat terukur, demikian disampaikan oleh Tri Suparyanto dalam tanggapannya. Tantangan dalam era sekarang ini adalah selalu update IT, update website dan update media sosial sehingga layanan Dukcapil dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat banyak , “imbuhnya. Rapat diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Standar pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul tahun 2020.  (ririe)