Berita

Bupati Bantul Launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Rabu Pahing, 23 September 2020 13:03 WIB 383

foto

(Bantul). Bupati Bantul (Drs.H.Suharsono) secara resmi melaunching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri(ADM) di  kanopi Kantor Bupati Bantul Komplek Parasamya pada Rabu 23 September 2020. Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) merupakan mesin yang bias mencetak dokumen kependudukan yang berupa KTP el, KIA, Akta Pencatatan Sipil  dan Kartu Keluarga. Mesin ADM untuk Kabupaten Bantul merupakan CSR dari BPD DIY di tahun 2020. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul, Kepala BPD DIY berikut jajarannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Biro Tata Pemerintahan Pemda DIY, jajaran  FORKOPINDA Kabupaten Bantul dan juga beberapa pimpinan OPD.

Dalam Laporannya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H.) menyampaikan bahwa diluncurkannya Anjungan Dukcapil Mandiri ini didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dan juga menindaklanjuti dari hasil Rakornas Dukcapil di Makassar di tahun 2019 yang bertemakan Dukcapil Go Digital. Di tahun 2020 ini Sertifikasi Elektronik Dokumen Kependudukan sudah mencapai 18 dokumen, sehingga dengan kehadiran mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ini lebih membahagiakan, mendekatkan dan tidak mempersulit jarak dan waktu, yang lebih penting memudahkan  masyarakat dalam mengakses dan mencetak dokumen kependudukan di masa pandemi ini, imbuh beliau.

Bupati Bantul (Drs. Suharsono) dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya Anjungan Dukcapil Mandiri ini sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi ini. Dinas Kependudukan yang dulu dianggap lamban dan  berbelit belit  terlalu procedural harus dirubah branding nya menjadi Dukcapil yang mudah cepat  responsif dan transparan. Ditambahkan oleh Bupati Bantul bahwa dengan adanya Anjungan Dukcapil Mandiri  yang bisa mencetak KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga ini merupakan  terobosan yang memudahkan  pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi ini.

Dalam acara tersebut dilaksanakan demo untuk mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik , Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak. Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri sudah dapat berfungsi dengan baik pada saat diuji coba. Masyarakat dapat menggunakan ADM ini dengan langkah langkah sebagai berikut :

  1. Pemohon melakukan pendaftaran  ADM ke petugas dan mengajukan permohonan dokumen kependudukan lewat Aplikasi DUKCAPIL SMART/secara langsung ke Dukcapil
  2. Petugas mengajukan permohonan pendaftaran ADM dengan memasukkan NIK , no telp dan email
  3. Pemohon menerima email pemberitahuan akun berupa PIN dan QR CODE untuk login ADM
  4. Petugas melakukan verifikasi dan validasi  pengajuan dokumen
  5. Jika sudah terverifikasi dan tervalidasi pemohon akan mendapatkan akun berupa PIN dan QR CODE untuk mencetak dokumen
  6. Pemohon melakukan login ke Mesin ADM dengan QR Code atau sidik jari atau memasukkan NIK dan PIN Login
  7. Pemohon mencetak Dokumen Kependudukan dengan Mesin ADM dengan PIN dan QR CODE yang sudah dikirimkan melalui email

Acara diakhiri dengan penyerahan dokumen kependudukanoleh Bupati Bantul  kepada pemohon lewat Anjungan Dukcapil Mandiri. (ririe)