Berita

Dukcapil Bantul Raih Predikat WBBM dari KemenPAN RB

Selasa Pahing, 22 Desember 2020 09:12 WIB 46

foto

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/WBBM Tahun 2020 diberikan langsung oleh  Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, Senin (21/12/2020) di Jakarta yang langsung diterima oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H). WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  merasa bangga dan bahagia dengan pencapaian ini. “Saya merasa bangga dan bersyukur dengan pencapaian ini, kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati, seluruh rekan rekan  keluarga besar Disdukcapil Bantul, segenap stakeholder dan juga masyarakat Bantul” lanjut Bambang.

Ditambahkan oleh Kadinas Dukcapil bahwa pencapaian WBBM ini menjadi cambuk bagi Disdukcapil Bantul untuk lebih baik baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Banyak inovasi yang sudah kita ciptakan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Bantul, apalagi dimasa pandemi ini banyak yang harus dibenahi untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK dan WBBM 2020 akan digelar dengan perpaduan antara tatap muka langsung (offline) dan melalui daring (online). Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin hadir secara daring untuk memberikan arahan pada para penerima predikat. Sementara Menteri PANRB Tjahjo Kumolo yang  menyerahkan predikat secara langsung.

Dalam sambutannya Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Ia optimis keberhasilan pembangunan Zona Integritas agar dapat meningkatkan   kepercayaan  publik  kepada  kementerian,  lembaga,  maupun pemerintah daerah. (ririe)