Berita

Wakil Bupati Bantul Bantul ajak Masyarakat Bantul Tertib Adminduk

Senin Pon, 8 Maret 2021 13:24 WIB 171

foto
Penyerahan KTP el setelah pemutakhiran data kependudukan kepada Wakil Bupati Bantul

(Bantul). Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, S.E. mengajak semua warga masyarakat untuk memutakhirkan data kependudukan apabila ada perubahan data di dalam dokumen kependudukannya. Ditemui di ruang kerjanya Jum'at 6 Maret 2021 Wakil Bupati menyampaikan bahwa sebagai penduduk yang Tertib  Adminduk maka  setelah resmi dilantik saya segera menyampaikan  perubahan data pekerjaan untuk dirubah di Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk. Mari warga Bantul kita sukseksan program GISA (Gerakan Indonedia Sadar Adminduk) dengan selalu memutakhirkan data kependudukan kita, agar data Dukcapil selalu akurat dan update " tegasnya.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho,S.H,M.H.) , "Tersedianya elemen data kependudukan yang lengkap, akurat dan mutakhir sangat penting karena berimplikasi pada pelayanan publik dan pembangunan di sektor lain. Oleh karena itu Dinas Dukcapil kabupaten Bantul  sebagai ujung tombak pelayanan administrasi kependudukan perlu berperan aktif untuk menjamin tersedianya data kependudukan tersebut dengan selalu memutakhirkan data kependudukan, contohnya seperti Bapak Wakil Bupati ini langsung memutakhirkan data ketika data berubah" Imbuhnya. 

Ditambahkan oleh Kadinas Dukcapil bahwa sampai saat ini masih ada masyarakat menganggap belum pentingnya pemutakhiran data kependudukan, mereka masih enggan untuk  update/melaporkan perubahan data yang dialaminya, seperti : perubahan pendidikan, pekerjaan, status (kawin-cerai), golongan darah. Di masa pandemi ini Pemutakhiran data kependudukan bisa dilaksanakan lewat layanan online yaitu aplikasi Dukcapil Smart dengan menu SMART ON.

Sesuai amanat Pasal 58 ayat (4) UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan mengamanatkan bahwa data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan adalah data kependudukan dari Kemendagri, antara lain : Pelayanan publik, Perencanaan pembangunan, Alokasi anggaran, Pembangunan Demokrasi dan Penegakan hukum dan pencegahan kriminal. (ririe)

 


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Media Sosial

IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

Pengunjung
  • Pengunjung: 2779204
  • Online: 22
  • Hari ini: 1121