Berita

Manfaatkan Data Kependudukan Dukcapil Bantul gandeng RSU Griya Mahardika dan RSU Rajawali Citra

Jumat Wage, 19 Maret 2021 13:40 WIB 91

foto
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data antara Dukcapil Bantul dengan RSU Griya Mahardika dan RSU Rajawali Citra

(Bantul).  Kepala Dinas Dukcapil  Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,.M.H.) menegaskan bahwa Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara  Dinas Dukcapil Bantul dengan 2 (dua) rumah sakit swasta di Bantul hanya sebatas memberikan akses untuk verifikasi data kependudukan, bukan memberikan data penduduk. Demikian disampaikan oleh beliau dalam acara penandatangan perjanjian kerjasama pemanfaatan data dengan RSU Griya Mahardhika dan  RSU Rajawali Citra  pada Jumat 19 Maret 2021. Hadir dalam acara tersebut  Direktur utama RSU Griya Mahardhika dr. R.A.Yohanes Indahyanto dan Direktur RSU Rajawali Citra dr. Asri Priyani untuk menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Data Kependudukan.

Menurut Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Bantul (Emmy Nikmawati, S.H.) sesuai dengan Permendagri Nomor 102 tahun 2019 Pemberian Hak Akses Dan Pemnfaatan Data Kependudukan Tata cara pengajuan pemberian Hak Akses kependudukan bagi Pengguna di daerah kabupaten/kota melaui beberapa  tahapan yaitu : a. pimpinan Pengguna mengajukan surat permohonan pemanfaatan Data Kependudukan secara tertulis kepada bupati/wali kota melalui Disdukcapil Kabupaten/Kota; b. bupati/wali kota melalui Disdukcapil Kabupaten/Kota meneruskan surat permohonan pemanfaatan Data Kependudukan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, kepada Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.  Surat tersebut  disertai dengan penjelasan yang paling sedikit memuat: 1. nama Pengguna; 2. tujuan pemanfaatan Data Kependudukan; 3. elemen Data Kependudukan yang akan diakses; 4. metode akses Data Kependudukan; 5. data balikan yang akan diberikan; dan 6. jangka waktu perjanjian kerja sama. Langkah selanjutnya  Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas nama Menteri memberikan persetujuan atau penolakan atas permohonan pemanfaatan Data Kependudukan. "Jelasnya. 

Acara tersebut di akhiri dengan penandatangan Perjanjian kerjasama dengan kedua rumah Sakit swasta di Bantul. Dari pihak RSU Griya Mahardika dan RSU Rajawali Citra berharap dengan kerjasama ini bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama di masa pandemi ini. (ririe)