Berita

Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan dan Bimbingan Teknis User Web Portal Data Kependudukan

Senin Wage, 29 Maret 2021 14:45 WIB 145

foto
Kepala Dinas Dukcapil Bantul memberikan sambutan dan pengarahan dalam Sosialisasi dan Bimtek User Web Portal Data Kependudukan

Bertempat di Aula Komplek II Manding pada Senin 29 Maret 2021 diselenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan dan Bimbingan Teknis User Web Portal Data Kependudukan untuk 22 Lembaga Pengguna dan OPD di lingkungan Kabupaten Bantul yang sudah melaksanakan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul dalam kesempatan tersebut memberikan pengarahan kepada petugas teknis pemanfaatan Data Kependudukan sekaligus membuka acara tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul bahwa berdasarkan Permendagri No 102/ 2019 tentang pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan dalam pasal 12 Tata cara pengajuan pemberian hak akses bagi pengguna daerah kabupaten diawali dengan pengguna membuat surat permohonan kepada Bupati melalui Disdukcapil dan ditindaklanjuti ke Dirjend Adminduk. Jika disetujuti, dilanjutkan perjanjian Kerjasama dan juknis untuk dapat user password sebagai hak akses. Mekanisme sesuai  di pasal 21 Hak Akses dapat dilakukan dengan : Pengguna Card Reader ( Alat Baca KTP el ), Akses Web service dan Akses Web Portal dengan media jaringan tertutup, “ Jelasnya.

Emmy NIkmawati, S.H. selaku Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data dalam paparannya menyampaikan bahwa para petugas teknis user Web Portal di masing-masing lembaga pengguna hendaknya mematuhi Pakta Integritas yang sudah diberikan dan ditandatangani. Tanggung jawab sepenuhnya ada pada petugas yang menangani web portal ini, jadi silahkan berhati-hati dan menjaga kerahasiaan user passwordnya. Salah satu KEWAJIBAN Pengguna “Menjamin Kerahasiaan, Keutuhan Serta Tidak Melakukan Penyimpanan Data Kependudukan Yang Telah Diakses Dari Pihak Kesatu Dan Tidak Memberikan Data Kepada Pihak Lain Walau Masa Berlaku PKS Telah Habis”, Imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian teknis tata cara penggunaan Web Portal Data Kependudukan yang disampaikan oleh Youni Aristanti,S.T., dijelaskan oleh Youni bahwa OPD yang sudah mendapatkan User dan Passwordnya bisa segera mempraktekkan cara pengecekan NIK tersebut sesuai dengan ketugasannya. User Password sudah diberikan sesuai dengan Berita Acara Serah Terima yang sudah ditandatangani. (ririe)