Berita

"SIPENDAPA" Pelayanan Pengadilan Agama Bantul Kerjasama dengan Dukcapil Bantul

Rabu Pon, 7 April 2021 13:35 WIB 106

foto
Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama SIPENDAPA

Pengadilan Agama Bantul harus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan meluncurkan sebuah terobosan baru yaitu inovasi SIPENDAPA (Sistem Penerbitan Administrasi Kependudukan Pengadilan Agama), dengan mempermudah pelayanan kepada masyarakat pemohon perceraian yaitu semua pemohon langsung mendapatkan Kutipan Akta Perceraian sekaligus Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang sudah berubah. Demikian disampaikan loleh Ketua Pengadilan Agama Bantul (Aminuddin, S.H.,M.H.)  dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Pengadilan Agama Bantul dan Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul sekaligus  launching inovasi dilaksanakan pada Rabu 7 April 2021 di Aula Gedung Pengadilan Agama Bantul. 

Wakil Bupati Bantul (Joko Purnomo, S.E.) menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada Pengadilan Agama sebagai lembaga instansi vertikal yang melakukan terobosan yang sangat luar dengan bekerjasama dengan Dukcapil Bantul untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan yang ditujukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, artinya dengan SIPENDAPA ini masyarakat didorong untuk bisa Tertib Administrasi Kependudukan. Masyarakat yang mengalami perceraian bisa langsung terupdate data kependudukannya, Kartu Keluarga dan KTP nya akan langsung didapatkan dengan layanan ini. Terutama menyangkut legitimasi hukum kependudukannya, "Imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta (Drs. H.Syarif Usman, S.H,M.H) menyampaikan bahwa semua pengadilan agama di wilayah yogyakarta harus meningkatkan layanan kepada masyarakat.  Ucapan terimakasih dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta atas support yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul", tandasnya. 

Hadir dalam acara tersebut segenap jajaran FORKOMPINDA Kabupaten Bantul, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan. Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan secara simbolis Akta Perceraian dan KK KTP bagi pemohon yang sudah selesai proses perceraiannya. (ririe)