Berita

M-KIA Inovasi terbaru Kerjasama Dukcapil Bantul dengan PT POS

Jumat Kliwon, 9 April 2021 11:45 WIB 174

foto
Penandatangan PKS antara Dukcapil Bantul dengan PT POS Bantul

 (Bantul). Dukcapil Bantul baru saja meluncurkan inovasi terbarunya yaitu M-KIA, inovasi ini adalah layanan pengiriman Kartu Identitas Anak(KIA) kepada anak-anak di Kabupaten Bantul pada Jum'at 9 April 2021 di pendopo Kapanewon Bantul yang langsung di launching oleh Bupati Bantul (Abdul Halim Muslih). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho,S.H.,M.H.) dalam laporannya menyampaikan kepada Bupati Bantul bahwa  inovasi ini  memperjuangkan bagaimana anak Bantul memiliki identitas kependudukan yang namanya KTP (KIA). Kabupaten Bantul termasuk 10 besar kepemilikan KIA di seluruh Indonesia  dan pencapaian sudah  85%, karena itu kita tidak akan berhenti dengan kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan, kita akan terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan agar layanan semakin mudah dan cepat" jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Pos Bantul (Toni Suhendi) menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bantul atas kepercayaannya kepada Kantor Pos Bantul untuk pengiriman kartu KIA . Insya Allah kami akan selalu menjaga kepercayaan yang mana kartu identitas anak ini kami akan kirimkan ke alamat yang tepat  dan tentunya dalam keadaan itu dan tepat waktu dan semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan  berkesinambungan dan tentunya dengan kerjasama yang lainnya, "lanjut beliau.

Sebelum acara launching oleh Bupati Bantul terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan PT Pos Bantul kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. 

Dalam sambutannya Bupati Bantul menyampaikan bahwa reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang efektif efisien bersih akuntabel dan menghadirkan pelayanan publik prima adalah cita-cita kita bersama yang harus kita wujudkan. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah indikator keberhasilan reformasi birokrasi karena segala bentuk aktivitas penyelenggaraan negara bermuara pada pelayanan, pelayanan publik harus kita maknai sebagai sebuah proses kreatif yang bisa membahagiakan masyarakat.  Ditambahkan oleh beliau bahwa memberikan pelayanan prima tentu juga kita lakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 , administrasi kependudukan adalah hak masyarakat dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena itu kami tentunya tidak ingin pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Bantul dilakukan dengan mekanisme yang rumit, "Imbuhnya.

Acara diakhiri dengan pemberian KIA kepada pemohon nyang sudah mengajukan KIA lewat M-KIA Aplikasi Dukcapil Smart Bantul. (ririe)