Berita

Dirjen Dukcapil Sidak Layanan Libur Dukcapil Bantul

Sabtu Pon, 22 Mei 2021 11:02 WIB 218

foto
Prf Zudan Arif Fakhrullah menyerahkan KTP el kepada pemohon cetak KTP el pada layanan libur sabtu 22 Mei 2021 Dukcapil Bantul

(Bantul). Prof Zudan Arif Fakhrullah melaksanakan Inspeksi Mendadak dalam road show kunjungan kerja monitoring pelayanan Adminduk ke Dinas Dukcapil Bantul pada Sabtu 22 Mei 2021. Dalam kesempatan tersebut Dirjen Adminduk menanyakan langsung kepada pemohon cetak KTP tentang layanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil Bantul. Pemohon cetak KTP el tersebut merupakan Warga Negara Jepang bernama Taeko Morimoto yang  merupakan pemohon yang mengajukan permohonan cetak KTP el karena hilang. Dirjen Adminduk menanyakan kepada yang bersangkutan tentang syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan cetak KTP el karena hilang,  apakah  menggunakan surat pengantar dari RT, apakah kesulitan ? Cecar beliau kepada permohon tersebut. Pemohon menyampaikan bahwa untuk mencetak KTP yang hilang tidak diperlukan pengantar dari RT , tidak sulit dan bisa ditunggu apalagi layanan libur Sabtu tetap memberikan pelayanan, jelas pemohon tersebut.

Prof Zudan menambahkan bahwa Warga Negara Indonesia diberikan KTP, demikian juga Warga Negara Asing  yang memenuhi syarat memiliki Kartu Ijin Tinggal Tetap juga diberikan KTP EL seperti Ibu Taeko ini, beliau orang Jepang menikah dengan orang Indonesia memiliki Kartu Ijin Tinggal Tetap maka bisa diberikan KTP elektronik.

Kepala Dinas Dukcapil Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H.,M.H) menyampaikan kepada Dirjen Dukcapil bahwa layanan cetak KTP el membutuhkan waktu 15 menit, kondisi PRR kosong dan layanan Dukcapil saat ini sepi pemohon tatap muka karena lebih dioptimalkan untuk layanan online. Terimakasih kepada Bapak Dirjen yang telah memberikan bimbingan dan pengarahannya  kepada kami Dukcapil Bantul, “pungkasnya.

Mengakhiri sidak pada hari ini Dirjen Dukcapil  menyampaikan bahwa layanan Dukcapil Bantul saat ini  sudah bagus dan ke depan agar lebih ditingkatkan layanannya, cetak KTP el 15 menit jangan sampai menjadi 2 hari, dan dijaga jangan sampai ada calo dengan cara meningkatkan kecepatan layanan dan juga  layanan Online. (by ririe).

 


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Media Sosial

IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

Pengunjung
  • Pengunjung: 2779376
  • Online: 48
  • Hari ini: 1293