Berita

Sosialisasi Penerapan Dukcapil Go Digital Dalam Rangka Sukses Vaksin Covid 19 Di Kabupaten Bantul

Rabu Pon, 25 Agustus 2021 15:19 WIB 44

foto

Penerapan Dukcapil Go Digital tahun 2021 secara resmi disosialisasikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada tanggal 25 Agustus 2021 di Pendopo Omah Sawah Sewon yang dihadiri oleh Lurah desa se Kabupaten Bantul, Unsur Rumah Sakit, Puskesmas dan perwakilan Bidan. Wakil Bupati Bantul (Joko Purnomo) berkenan membuka acara tersebut, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan sekarang sudah banyak perubahan dari yang dulu banyak kerumunan sekarang sudah tidak lagi karena sudah membuat terobosan untuk bisa memberikan pelayanan secara online. Pemerintah Kabupaten Bantul sangat mengapresiasi langkah Disdukcapil dalam meningkatkan semua layanan kepada masyarakat, apalagi di masa pandemi ini semua layanan serba online untuk memutus penyebaran pandemi “ tandasnya.
Dalam paparannya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan tentang peran penting layanan online dalam pelayanan Administrasi Kependudukan. Dengan telah diterapkannya Tanda Tangan Elektronik maka layanan kependudukan telah sesuai dengan apa yang sudah digariskan oleh pemerintah untuk lebih mempermudah dan mempercepat layanan kepada masyarakat, hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Admiistrasi Kependudukan secara Online, “ jelasnya. Dalam penutup nya Bambang Purwadi Nugroho menyampaikan bahwa inovasi Aksi Simpati sudah banyak di replikasi di Kabupaten/Kota yang lain, artinya apa yang sudah kita rintis layak untuk tetap kita tingkatkan.

Kegiatan yang dilaksanakan ini telah memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini, yaitu dengan membuat acara menjadi 2 session dan kegiatan dilaksanakan di 2 tempat, “jelas ketua penyelenggara Edy Bowo Nurcahyo (Sekretaris Dinas) ketika menyampaikan laporannya. Hadir sebagai Narasumber dalam acara tersebut selain Kadinas adalah Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduik dan Kabid PIAK. (ririe)