Berita

Bimbingan Teknis Pencatatan Sipil untuk Operator SIMKAH Kabupaten Bantul

Rabu Kliwon, 1 September 2021 08:56 WIB 135

foto
Pelaksanaan Bimtek Pencatatan Sipil untuk operator SIMKAH (31/8)

Kerjasama (MOU) antara Dinas Dukcapil Bantul dengan Kantor Kemenag Kabupaten Bantul telah dirintis sejak tahun 2014 dengan mengintegrasikan sistem yang ada di Dukcapil yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dengan sistem yang ada di Kemenag yaitu Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Kerjasama ini sesuai Program Nasional GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) bertujuan untuk update data kependudukan yakni dgn memutakhirkan status perkawinan menjadi Kawin bagi penduduk Bantul yang menikah di KUA.
"Kerjasama yang telah terjalin baik tersebut justru dapat menigkatkan kualitas layanan publik jadi sayang kalau tidak diteruskan, maka kami teruskan sampai sekarang dengan  peningkatan sekaligus mencetakkan KTP dan KK yang telah dirubah statusnya tentu saja. Peningkatan ini dimulai pada tahun 2017 dengan uji coba untuk 2 KUA yaitu Pleret dan Bantul", demikian sambutan pengarahan disampaikan oleh Bambang Purwadi  Nugroho,SH.MH. pada  Bimtek Pencatatan Sipil untuk operator SIMKAH di 17 KUA dan operator Dukcapil baik yang ada di Kapanewon maupun di Dinas. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari ini Selasa, 31 Agustus 2021 di Aula Farmaka Dinas Kesehatan  Kabupaten Bantul. Kerjasama ini akhirnya memunculkan inovasi yang kemudian dinamai Kaperu (KTP baru untuk Pengantin Baru)
Sebelumnya pada laporan penyelenggara yang disampaikan oleh Kabid Pencatatan Sipil, Darwatiningsih, SIP, M.Si. bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi bagi para petugas kedua belah pihak terkait teknis pelaksanaan Kaperu agar berjalan lancar.
Selanjutnya pada paparan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bantul, Aidi Johansyah,SAg.MM.
bahwa pihaknya sangat senang dengan kerjasama yang telah terjalin selama ini dan sangat mendukung sepenuhnya untuk diteruskan. "Inovasi Kaperu ini sangat berpengaruh dalam rangka  meningkatkan pelayanan Kemenag terhadap masyarakat khususnya dalam kegiatan pencatatan pernikahan di KUA, dan hal ini sangat berpengaruh pada upaya Kemenag dalam meraih WBBM (wilayah bebas dan bersih melayani) tahun ini. 
Dan pada sesi terakhir kegiatan, Kabid Pendaftaran Penduduk, Sutinah menambahkan bahwa "mulai tahun ini  penduduk menikah di mana pun KK dan KTP terlayani di KUA yang mencatat meski penduduk tersebut bukan penduduk Kapanewon yang bersangkutan. Inilah peningkatan/kelebihan Kaperu saat ini" demikian pungkasnya. (arla)


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Media Sosial

IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

Pengunjung
  • Pengunjung: 2773919
  • Online: 24
  • Hari ini: 894