Berita

Talkshow di Bantul Radio bersama Ketua PA Bantul

Jumat Pahing, 3 September 2021 09:18 WIB 137

foto

Dukcapil Go Digital  merupakan program nasional sbg kebijakan pemerintah pusat di bidang pelayanan Adminduk masih sangat relevan terus digelorakan pada setiap kesempatan agar lebih memasyakat. Seperti halnya pada kesempatan talkshow di Radio Persatuan dengan narasumber Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Bantul, Roni Fahmi pada Rabu siang, 1 September 2021. 
Bambang Purwadi Nugroho menjelaskan bahwa Dukcapil Bantul sudah melaksanakan program Dukcapil Go Digital sejak bulan Juli 2020 dengan mulai menerbitkan KK dan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dengan kertas putih HVS A4 80 gram dan tanda tangan elektronik (TTE).Dengan kebijakan kertas putih masyarakat bisa mencetak  secara mandiri dokumen kependudukan yang dimohonkan.  Utk mendukung program Dukcpl Go Digital saat ini telah dibuat  aplikasi layanan adminduk scr online yang dinamai Dukcapil Smart dan sudah berjalan sejak tahun 2019. Disamping program dukcpl go digital di awal 2021 jg dikembangkan layanan inovasi terintegrasi adminduk "Sipendapa" hasil kerjasama Dinas Dukcapil Bantul dg Pengadilan Agama Bantul harapannya  masyarakat lebih dimudahkan dalam pengurusan dokumen kependudukannya sekaligus dapat mempercepat terwujudnya gerakan sadar adminduk bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Roni Fahmi menjelaskan tentang "Sipendapa" (sistem penerbitan dokumen kependudukan di Pengadilan Agama) merupakan kerjasama inovasi terintegrasi yang dilaksanakan Pengadilan Agama Bantul bekerja sama dengan Dukcapil Bantul. Inovasi ini merupakan terobosan inovasi yg mudah, cepat, efisien dan efektif guna lebih memberikan kemudahan layanan publik yang diberikan oleh Dukcapil Bantul dan PA Bantul untuk penduduk Bantul yang terpaksa melakukan perceraian. Setelah putusan inkracht, penduduk tersebut akan diuruskan update status perkawinannya didatabase kependudukan sekaligus diterbitkan KK dan KTP nya. Dengan  inovasi Sipendapa update status dan pengurusan KK dan KTP dilaksanakan di satu titik yaitu di Pengadilan Agama (arla)


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Media Sosial

IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

Pengunjung
  • Pengunjung: 2773903
  • Online: 19
  • Hari ini: 878