Berita

Dukcapil Bantul tingkatkan Layanan Adminduk di Kalurahan

Kamis Kliwon, 25 November 2021 14:37 WIB 47

foto

Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul (Drs. Didik Warsito, M.Si) mewakili Bupati Bantul dalam acara Koordinasi Peningkatan Layanan Administrasi Kependudukan di Kalurahan pada Kamis 25 November 2021 yang dihadiri oleh seluruh Lurah Desa se Kabupaten Bantul. Acara tersebut diadakan sebagai tindak lanjut peningkatan pelayanan Adminduk kepada masyarakat agar lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Layanan Aksi Simpati merupakan salah satu sinergitas layanan Adminduk dengan Kalurahan dan sudah berjalan lebih dari 3(tiga) tahun, kita akan lebih meningkatkan lagi layanan Adminduk ini sehingga nantinya masyarakat yang terkendala dengan layanan online bisa mengajukan layanan lewat desa, KIA misalnya bisa diajukan secara kolektif melalui kalurahan.” Jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam laporannya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil bahwa Dinas Dukcapil akan selalu beriringan dengan program Kabupaten Bantul, bagaimana mewujudkan masyarakat Bantul yang Projotamansari Sejahtera demokratis agamis yang melalui kebijakan lain untuk dan undang-undang sudah memberikan kewenangan kepada Desa melalui undang-undang 23 Tahun 2006 maupun undang-undang 24 Tahun 2013. 
Menurut Bambang Purwadi Nugroho, “ Pelayanan adminduk itu tugas pembantuan nya ke desa tidak ke Kecamatan lagi , ini salah satu wujud reformasi agar masyarakat lebih mudah ,  lebih dekat dan lebih cepat dilayani.” Dalam kesempatan tersebut diperlihatkan kepada peserta video inovasi Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara (Si Laku) milik Disdukcapil Kabupaten Kolaka Utara yang sudah menerapkan layanan Adminduk di desa.

Dalam sambutannya Bupati Bantul yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul (Drs. Didik Warsito, M.Si) menyampaikan bahwa layanan kependudukan bertujuan untuk menyelenggarakan administrasi kependudukan antara lain memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk untuk setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dalam penduduk dialami penduduk serta memberikan perlindungan status atas hak penduduk.  Salah satu Akar masalah data kependudukan diantaranya adalah tingginya laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali  dan lemahnya layanan Adminduk , tentu saja akan memicu banyak masalah yang lain antara lain kepemilikan kartu identitas. Baik identitas ganda maupun suara ganda saat pemilu.Sehingga layanan Adminduk perlu sistem yang terintegrasi, dimulai dari ujung tombak layanan Adminduk di Kalurahan. (ririe)


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Media Sosial

IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

Pengunjung
  • Pengunjung: 2784288
  • Online: 34
  • Hari ini: 1122