Berita

Kejar Cakupan Perekaman KTP el Dukcapil Jemput Bola di sekolah-sekolah.

Rabu Kliwon, 15 Desember 2021 10:04 WIB 71

foto

Mengakhiri tahun 2021 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul  tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mengadakan kegiatan jemput bola perekaman KTP el di sekolah sekolah di Kabupaten Bantul.  Pada tahun 2021 ini, program tersebut telah dilaksanakan di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Bantul.Petugas perekaman Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul mendatangi SMAN 2 Banguntapan dan SMA N 1 Kasihan pada Rabu 15 Desember 2021. 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Sutinah, S.H,M.Hum) menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk kerja sama Pelayanan Administrasi Kependudukan antara Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. 

“Jemput Bola Perekaman KTP el di sekolah ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang kita berikan untuk seluruh siswa SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di Kabupaten Bantul,jadwal sudah kami susun dan sudah kami infokan ke sekolah” ujarnya, Rabu (15/12/2021).

Sutinah menjelaskan bahwa layanan jemput bola di sekolah tersebut nantinya tidak hanya layanan perekaman saja tetapi juga untuk layanan kependudukan lainnya misalnya KIA ataupun dokumen kependudukan lainnya.
“Targetnya adalah para siswa yang memasuki usia 16 tahun, mereka akan direkam seluruh data biometriknya mulai dari foto, sidik jari, iris mata dan tanda tangan. Selanjutnya untuk pencetakan KTP el dapat dilakukan setelah berusia 17 tahun ,” imbuh beliau.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk mengajak kepada siswa di Kabupaten Bantul untuk tidak menunda-nunda perekaman KTP el jika sudah berusia 16 tahun, karena nantinya akan lebih tenang jika sudah rekam ktp el. Partisipasi aktif para siswa di Kabupaten Bantul sangat diperlukan untuk meningkatkan cakupan perekaman KTP el di Kabupaten Bantul. (ririe)


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Aplikasi Dukcapil Smart Bantul

Media Sosial

Pengunjung
  • Pengunjung: 2853581
  • Online: 29
  • Hari ini: 943