Berita

Tutup Kegiatan Perekaman KTP el di Sekolah Bupati Bantul Serahkan KTP el

Selasa Legi, 21 Desember 2021 13:46 WIB 60

foto

Bupati Bantul (Abdul Halim Muslih)  menutup kegiatan perekaman KTP el di sekolah-sekolah dalam rangka mensukseskan Vaksinasi Covid 19 yang diinisiasi oleh KODIM 0729 Bantul di SMA N 1 Pleret pada Selasa(21/12/2021). Acara tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan perekaman KTP el di SMA/SMK/MA di tahun 2021 bagi siswa yang sudah berusia 16 tahun. 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bantul, Dinas Dikpora DIY, Balai Dikmen Kabupaten Bantul, perwakilan KODIM Bantul, perwakilan Polres Bantul, Panewu Pleret, Panewu Pundong, Panewu Sanden, Kepala Sekolah SMA 1 Pleret , perwakilan Kepala Sekolah dari 8 SMA di Kabupaten Bantul dan  Ketua Komite SMA 1 Pleret.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul dalam laporannya menyampaikan bahwa sejumlah 10.057 jumlah siswa yang dipadankan dengan data Dukcapil sudah 8.181 yang sudah bisa dilakukan perekaman KTP el. “ Masih ada 1876 anak yang belum perekaman KTP el usia 16 tahun (yang lahir sampai dengan 31 Desember 2005), akan kita kejar terus agar semua biasa perekaman” terang Bambang Purwadi.

Dalam pengarahannya Bupati Bantul menyampaikan bahwa pemberian KTP el merupakan kewajiban pemerintah, menerima KTP merupakan hak konstitusional setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun. Dengan pemberian KTP el ini maka akan muncul peran parstisipasi  dan tanggungjawab, karena dalam berbagai peraturan perundang-undangan kita anak usia 17 tahun sudah diberikan hak-hak yang lebih besar atau lebih sempurna  dibandingkan dengan mereka yang masih anak-anak tetapi juga sekaligus tetapi juga dikenai berbagai  kewajiban sebagai manusia dewasa sebagai Warga Negara Indonesia.

“Pemberian Ktp el ini menjadi penting artinya  bagi negara kita karena dengan memiliki KTP ini mereka bisa memperoleh haknya dengan lebih banyak, hak untuk berusaha, untuk mendapatkan layanan publik harus memiliki KTP, hajat dalam berpartisipasi dalam kegiatan berdemokrasi. Maka anak-anak kita yang sudah berusia 17 tahun di Kabupaten Bantul harus diberikan KTP karena kalo tidak peran mereka kepada bangsa dan negara  akan terhambat”, jelas beliau.

Bupati Bantul menutup sambutannya dengan mengajak seluruh warga Bantul untuk bisa tertib Administrasi Kependudukan kepada seluruh warga yang sudah lama tinggal di Bantul tetapi belum mengurus kependudukan di Bantul agar segera mengurusnya, sehingga nantinya Pemerintah Kabupaten Bantul dapat memberikan layanan bantuan, fasilitas dan jaminan. 

Dalam Kegiatan tersebut diserahkan secara simbolis KTP el oleh Bupati Bantul hasil perekaman jemput bola di sekolah-sekolah kepada siswa SMA 1 Pleret yang sudah berusia 17 tahun dan juga diserahkan hasil cetak KTP el kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Bantul, SMA N 2 Bantul, SMA  1 Sewon, SMA N 1 Sedayu, SMA N 1 Piyungan dan SMA 1 Dlingo.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyerahan alat cetak kepada Kapanewon Sanden dan Kapanewon Pundong yang langsung diterima oleh Panewu Sanden dan Panewu Pundong. (ririe)


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
  3. Apakah bisa merubah Foto dan Tanda Tangan di KTP EL?              Sudah bisa dengan persyaratan sekaligus pengajuan perubahan data. Foto yang dapat diubah adalah foto yang buram, blur, berhijab menjadi tidak berhijab atau sebaliknya.
Aplikasi Dukcapil Smart Bantul

Media Sosial

Pengunjung
  • Pengunjung: 2853295
  • Online: 11
  • Hari ini: 652