Aktivasi IKD Semarakkan Safari Tarawih Pemkab Bantul

Pada bulan Ramadhan 1444 tahun ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul menggelar program kegiatan  aktivasi IKD (Identitas Kependudukan Digital) dalam acara Safari Tarawih yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul.

Ada pemandangan yang berbeda ketika Safari Tarawih usai yaitu dengan hadirnya petugas dari Disdukcapil Bantul untuk aktivasi IKD kepada para jamaah yang hadir. Aktivasi layananan IKD ini merupakan tindak lanjut dari target nasional kinerja Dinas Dukcapil Bantul  untuk mengaktifkan IKD sebanyak  25 % dari wajib KTP di Bantul.

Kepala Dinas Dukcapil yang ditemui pada saat Safari Tarawih Pemda Bantul di Masjid Jami Al'Azhar Poncosari Srandakan (7/4/23) menyampaikan bahwa masyarakat Bantul bisa mengunduh aplikasi IKD ini diplay store kemudian datang ke kegiatan safari tarawih yang diadakan oleh Pemda Bantul ini. “Petugas dari Dukcapil akan stand by di lokasi Safari Tarawih, “ Terang Bambang Purwadi.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Bantul yang memiliki gawai Android untuk dapat mengaktivasi IKD ini agar nantinya bisa memiliki dokumen dalam bentuk digital, “ Lanjut Bambang.

“Gunakan kesempatan dalam kegiatan Safari Tarawih ini bisa mengaktifkan IKD nya, syarat nya cukup mudah hanya membawa KTP dan HP android “pungkas beliau.

Ketika disinggung mengenai aktivasi IKD apakah bisa dilaksanakan di kapanewon atau Dukcapil , Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan bahwa aktivasi IKD masih bisa dilaksanakan di Kapanewon atau Dukcapil dengan membawa persyaratan yang sudah ditetapkan. (ririe)