Bupati Bantul hadiri launching SIKAPITAN OKE di Kodim 0729

Bupati Bantul menghadiri pelaksanaan penandatanganan Mo U dan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan KODIM 0729 di Markas Kodim Bantul (5/8). Penandatangan Mo U dan Perjanjian Kerjasama ini dilaksanakan dalam upaya pelaksanaan inovasi SIKAPITAN OKE  (Sistem pelayanan kolaborasi  penerbitan KTP KK secara terintegrasi bagi purna aparat negara yg dilakukan dengan Optimal) yang merupakan kerjasama antara Dukcapil Bantul dengan KODIM 0729 Bantul. 

Acara yang diselenggarakan di Ruang rapat Kodim 0729 Bantul ini dihadiri juga oleh  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Didik warsito), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho), Komandan Kodim 0729 Bantul (Letkol Inf Arif Hermad), Kepala BAPPEDA Bantul (Fenty Yusdayati) serta Ketua KPU Bantul (Didik Joko Nugroho) .

Dalam sambutannya H. Abdul Halim Muslich menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul menyambut baik kerjasama ini dengan harapan layanan pencatatan kependudukan dapat tercapai secara maksimal sehingga hak-hak warga kabupaten Bantul bisa terpenuhi secara maksimal.

“Kita ingin memastikan seluruh penduduk memperoleh pelayanan dari Pemerintah Kabupaten Bantul karena seluruh warga berhak mendapatkan pelayanan dari pemerintah, termasuk pemberian hak-hak dalam mengikuti Pesta Demokrasi/PEMILU, dan tentu karena posisi yang strategis TNI /POLRI tidak diberikan hak-haknya dalam pesta demokrasi kecuali jika nanti sudah purna”, terang Bupati Bantul.

Kepala Dinas Dukcapil Bantul menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Dukcapil telah memberikan pelayanan prima bagi para aparatur TNI dan POLRI melalui inovasi SIKAPITAN OKE, yaitu dengan memberikan kemudahan bagi anggota TNI dan Polri penduduk Kabupaten Bantul baik yang purna tugas maupun anggota baru dalam memperoleh pelayanan administrasi kependudukan.

“Tujuan dari inovasi ini adalah percepatan update data kependudukan dan penerbitan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik bagi yang purna tugas dan anggota TNI/ Polri Bantul,” terang Bambang.

“Anggota TNI/POLRI  akan segera mendapatkan dokumen kependudukan yang update setelah pindah atau purna, sehingga dengan cepat akan mendapatkan dokumen terbaru, “ pungkasnya.(Bunga)