Disdukcapil Bantul Jadi Objek Studi Lapangan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dari Pemerintah Kabupaten Jombang

Selasa, 23 Mei 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dari Kabupaten Jombang. Hal ini dikarenakan adanya berbagai prestasi yang diraih oleh Dinas Dukcapil Bantul melalui berbagai inovasi yang telah dilakukan. Tercatat hingga saat ini ada kurang lebih 18 inovasi yang telah dijalankan. 

 

Acara dimulai dengan penerimaan resmi oleh Bapak Sekda dan pejabat yang ditunjuk sebagai narasumber pada pukul 08.30 WIB di Ruang Gedung Induk Tengah, Kompleks Parasamya Kab. Bantul. Setelah acara dibuka, para peserta studi lapangan dari Kabupaten Jombang di antar menuju kantor yang di tunjuk termasuk Kantor Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul.

 

Sebanyak 13 orang peserta melaksanakan studi lapangan di Dinas Dukcapil Bantul. Kepala Dinas Dukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho memberikan paparan presentasi inovasi yang telah dilakukan dan  kebijakan pelayanan

"Saat ini pelayanan Adminduk bisa diakses melalui Kapanewon / Kecamatan dan Kalurahan. Dimana dengan pelayanan ini masyarakat tak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil Bantul" tutur beliau.

 

Selain mendekatkan layanan di Desa dan Kapanewon, Dukcapil Bantul juga mengoptimalkan layanan online. Masyarakat  dimudahkan mengurus keperluan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Dukcapil Smart Bantul. 

"Dengan adanya Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini semoga dapat menghasilkan ide-ide kreatif terkait inovasi pelayanan untuk pemerintah Kabupaten Jombang", demikian  disampaikan   oleh salah satu perwakilan peserta studi lapangan. (ocd)