Disdukcapil Bantul Kembali Raih Sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013 untuk Inovasi Layanan Adminduk

Senin (26/06/23) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul berhasil mempertahankan dua sertifikat ISO, yakni ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013.  ISO (“International Organization for Standardization”) pada hakekatnya adalah sutu standar internasional untuk sistem manajemen kualitas, karena didalamnya menetapkan persyaratan yang tidak ringan. Persyaratan tersebut menuntut adanya komitmen dari semua unsur di Dinas mulai Kepala dinas, Sekretaris dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi sampai Staf.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bantul Bambang Purwadi Nugroho, dalam sambutannya mengatakan dengan mengimplementasikan ISO, manajemen meningkat, kinerja dan efisiensi meningkat, kredibilitas lembaga layanan juga meningkat. “Dengan raihan sertifikat ISO ini sistem pelayanan sudah standar baik dari sisi masyarakat maupun dari petugas Disdukcapil,” ucapnya.


Ir. Puguh Yuwono Santoso, Dirut AQC Global LLC Indonesia menyampaikan bahwa setelah kami lakukan audit, Disdukcapil Kabupaten Bantul memang berhak meraih sertifikasi ini. "Tim Disdukcapil Bantul terus menunjukkan kinerja yang konsisten dan cepat tanggap, sistem yang telah berjalan pun masih layak untuk mendapatkan lanjutan sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013. Hal ini berkat kekompakan dan kecerdasan tim," ungkapnya.


Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam arahannya mengucapkan selamat & apresiasi kepada Disdukcapil yang memperoleh sertifikat ISO. “Capaian ini diharapkan dapat diraih juga oleh OPD yang lain sehingga mampu memperbaiki layanan publik kita,” imbuhnya.


Disdukcapil sebagai salah satu perangkat daerah yang memiliki kewajiban melayani masyarakat secara langsung dalam pemenuhan hak masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Untuk itu banyak inovasi yang sudah dilakukan dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) secara daring, salah satunya adalah Dukcapil Smart, dan peluncuran Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).


Saat ini ADM sudah terdapat di empat titik, yakni di Mall Pelayanan publik Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kantor Kapanewon Banguntapan, Kantor Kapanewon Imogiri dan Kantor Kapanewon Srandakan. (ocd)