Disdukcapil Hadir Meriahkan Acara Sosial dan Kemanusiaan yang Diselenggarakan oleh Yayasan Jembatan Kasih Indonesia

Selasa 30 Mei 2023 Disdukcapil Bantul membuka booth layanan pada kegiatan sosial dan kemanusiaan yang diselenggaran oleh Yayasan Jembatan Kasih Indonesia di Pantai Cemara Sewu, Kapanewon Kretek. Kegiatan sosial tersebut dihadiri oleh 350 anak, orang tua murid, guru dari SD dan masyarakat di sekitar Pantai Cemoro Sewu.

 

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Darwatiningsih mengungkapkan kegiatan ini dilakukan untuk sosialisasi dan edukasi pemenuhan  hak  akan  dokumen kependudukan dengan mendekatkan diri kepada masyarakat. “Dalam layanan administrasi kependudukan tersebut telah dilayani aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), informasi akses layanan adminduk, dan konsultasi permasalahan adminduk.” ungkapnya.

 

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho menambahkan bahwa aktivasi layananan IKD merupakan tindak lanjut dari target nasional kinerja Dinas Dukcapil Bantul untuk mengaktifkan IKD sebanyak  25 % dari wajib KTP di Bantul.


“Kami mengajak seluruh masyarakat Bantul yang memiliki gawai Android untuk dapat mengaktivasi IKD ini agar nantinya bisa memiliki dokumen dalam bentuk digital,“ lanjut Bambang.


Ketika disinggung mengenai aktivasi IKD apakah bisa dilaksanakan di kapanewon atau Dukcapil , Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan bahwa aktivasi IKD  bisa dilaksanakan di Kapanewon atau Dukcapil dengan membawa persyaratan yang sudah ditetapkan.

 

Yayasan Jembatan Kasih Indonesia,  Ruth Erliana Ratmawati mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan bantuan  Disdukcapil Bantul, dan berharap dapat berlanjut di event selanjutnya. (ocd)