Disdukcapil Kabupaten Bantul Jadi Referensi Disdukcapil Kabupaten Bogor Belajar Pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul kembali menjadi  perhatian. Kali ini, giliran Disdukcapil Kabupaten Bogor melakukan kunjungan studi banding pada hari Rabu, 16 Oktober 2024. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Drs. Hadijana, S.Sos, M.Si., dan diterima oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Darwatiningsih serta Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi  Pelayanan, Anjarwati di ruang rapat lantai 1 Dinsdukcapil Bantul.

 

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang telah diimplementasikan di Disdukcapil Bantul. Diskusi yang berlangsung fokus pada berbagai aspek pelayanan publik, khususnya terkait komitmen, integritas. SDM dan  proses pelayanan dan pencetakan dokumen kependudukan. Salah satu pertanyaan yang menjadi sorotan adalah mengenai waktu layanan pengurusan dokumen. Perwakilan dari Disdukcapil Kabupaten Bogor ingin mengetahui bagaimana Disdukcapil Kabupaten Bantul mampu menyelesaikan seluruh permohonan penerbitan dokumen kependudukan dalam waktu 24 jam. Selain itu, mereka juga menanyakan mengenai sanksi yang diberikan kepada pegawai apabila melanggar peraturan yang terkait dengan WBBM.
 

Diskusi yang berlangsung secara terbuka ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai best practices yang telah dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Bantul. Setelah penyampaian paparan dan bertukar informasi terkait dengan hal-hal apa saja yang telah dilakukan dalam WBBM, dilanjutkan dengan melihat langsung pelayanan kepada warga. Rombongan tampak antusias memperhatikan setiap pelayanan yang diberikan oleh petugas kepada Masyarakat. 

 

Kunjungan kerja ini merupakan bentuk sinergi antar lembaga dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, diharapkan kedua belah pihak dapat terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.