Dukcapil Bantul Launching Identitas Digital

SMK Negeri 1 Sewon menjadi tempat diselenggarakannya launching Identitas Digital dan Layanan Terpadu rekam dan cetak KTP el pada Selasa (30/8/22). Kegiatan yang difasilitasi oleh Biro Tata Pemerintahan Setda DIY ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bantul (Pulung Hariyadi) mewakili Bupati Bantul, Plt Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY (Hary Edi Tri Wahyu Nugroho), Kepala Disdukcapil Bantul (Bambang Purwadi Nugroho), Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul, Kepala SMK N 1 Sewon, Kepala SMA 3 Bantul, Kepala SMA 1 Sewon, Kepala SMK 1 Bantul, Kepala MAN 1 Bantul, Kepala SMA 2 Bantul dan juga tamu undangan lain.
Dalam kegiatan tersebut di launching penerapan KTP  Digital untuk beberapa tamu undangan yang hadir sebagai wujud telah diinstallnya identitas digital pada ponsel. “Semua ASN dan pegawai Disdukcapil Bantul 100 persen sudah mengintal aplikasi Identitas Digital di masing-masing ponselnya, sehingga kami  nantinya akan melanjutkan ke seluruh ASN di lingkungan OPD Kabupaten bantul, ” demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil.

"Manfaat KTP Digital ini lebih menghemat uang negara karena tidak lagi mencetak KTP dengan blangko, lebih efisien dan mudah karena cukup download aplikasi tidak pelu ajukan cetak, ” jelas Bambang Purwadi.

Sementara itu dalam sambutannya Plt Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY (Hary Edi Tri Wahyu Nugroho) menyampaikan bahwa melalui kegiatan pelayanan terpadu rekam dan cetak KTP dan KIA yang berbarengan dengan launching identitas digital ini, diharapkan seluruh jajaran pemerintahan maupun pemerintah kabupaten/kota se DIY dan semua pihak terkait untuk bersama-sama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Pelayanan yang baik kepada masyarakat tanpa membedakan suku ras maupun agama diharapkan akan memberikan kepuasan kepada masyarakat,hal ini juga menjadi indikator dalam keberhasilan tata kelola pemerintahan," imbuh beliau. 
"Apresiasi dan ucapan terimakasih adanya kolaborasi yang sangat luar biasa ini. KTP digital ini sangat bermanfaat . minimal dengan KTP digital ini tidak usah menunjukkan dompet, cukup dengan aplikasi, " jelas Asisten Administrasi Umum dalam menyampaikan sambutan Bupati Bantul.
Acara ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis KTP dan KIA kepada Kepala sekolah yang hadir.(ririe)