Koordinasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dengan Petugas Register Kelurahan

Pada hari Rabu, tanggal 16 Mei 2023 di Bangsal Rumah Dinas Bupati Kabupaten Bantul dilaksanakan Koordinasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dengan petugas Register Kelurahan se Kabupaten Bantul, yang dihadiri oleh 75 Petugas Kalurahan yang menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan administrasi kependudukan.  Koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Kab Bantul, ibu Darwatiningsih, M.Si mewakili bapak Kepala Dinas, didampingi oleh Analis Muda kebijakan Publik, Bapak Paulus Eko Ananto, M.Sc.

Dalam koordinasi tersubut dijelaskan alur pelayanan administrasi kependudukan yang dapat diakses melalui layanan online Dukcapil Smart Bantul dan layanan offline yang dapat dibantu oleh petugas pelayanan adminduk di kalurahan. Pelayanan kepada masyarakat didesain agar layanan lebih mudah, lebih dekat dengan masyarakat, gratis dan tentunya membahagiakan masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan juga pentingnya pelaporan kematian, agar dapat diterbitkan akta kematian serta ketugasan petugas register keluran untuk melaporkan dalam Buku pelapran Kematian/ Buku Pokok Pemakaman. Acara ditutup dengan diskusi yang berlangsung sangat komunikatif hingga tidak terasa waktu berakhir.

Diskusi ditutup dengan closing statement bahwa ruang untuk komunikasi disdukcapil dengan petugas pelayanan masyarakat di garda terdepan dapat terus dilakukan baik melalui media grup whatapps, telepon, japri atau bentuk komunikasi yang lain, selalu tersedia dengan harapan kualitas pelayanan adminduk semakin baik.