Lima Warga Bantul Berkebutuhan Khusus Mendapatkan Layanan Moro Lega dari Disdukcapil Bantul

Selasa, 05 Mei 2023 sebagai salah satu bentuk upaya membahagiakan masyarakat melalui pelayanan adminduk yang prima, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul melakukan layanan Moro Lega bagi 5 (lima) warga masyarakat Bantul. Lima warga tersebut masing-masing, 1 (satu) dari Kapanewon Srandakan, 3 (tiga) dari Kapanewon Pandak dan 1 (satu) dari Kapanewon Pundong.

Moro Lega (Mobil Operasional Layanan Adminduk Efektif sekaligus Akurat) merupakan layanan jemput bola bagi warga masyarakat. Mereka yang mendapatkan layanan jemput bola pada hari ini mengalami kendala dalam mengakses layanan perekaman KTP el di Kapanewon. Lima warga tersebut masuk dalam kategori penduduk sakit keras (stroke), dua penduduk masuk penduduk berkebutuhan khusus (odgj), penduduk usia lanjut dan penduduk berkebutuhan khusus yang mengalami sakit mental.

Jemput bola adalah suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan. Dokumen adminduk sangat penting dan vital untuk mendapatkan layanan dari pemerintah seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, perbankan, perpajakan, BPJS dan lainnya.

Kepala Dinas Dukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho menjelaskan bahwa pelaksanaan layanan dilaksanakan berdasarkan laporan dari warga yang disampaikan.  

Layanan moro lega dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah penduduk yang tidak memungkinkan untuk datang ke Kapanewon atau Dinas,” imbuh Bambang. (ocd)