Mengapa Dukcapil Bantul Sekarang Sepi Pengunjung ?

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul yang berkedudukan di komplek lingkar Timur Manding Bantul terlihat sepi pengunjung. Hanya terlihat beberapa pemohon yang mengajukan layanan di  loket pelayanan. Sepinya pengunjung berbanding terbalik dengan petugas yang tetap sibuk  bekerja di depan laptop dan computer nya masing-masing. 

Ketika dikonfirmasi kepada Sekretaris Dinas Dukcapi (Tri Murdianani) pada 25/10/22 beliau meyampaikan bahwa Dukcapil Bantul sekarang bukanlah Dukcapil yang dulu. “Dukcapil yang dulu identiik dengan ramai dan padatnya pengunjung hingga harus antri ber jam-jam lamanya, tapi sekarang Dukcapil sepi tidak ada lagi antrean panjang untuk mendapatkan layanan Adminduk,”jelasnya.

Ditambahkan oleh Sekretaris Dinas Dukcapil bahwa dalam upaya mendukung Dukcapil Go Digital dan Bantul Smart City maka Disdukcapil Bantul mengoptimalkan layanan online semenjak tahun 2019 dengan aplikasi Dukcapil Smart yang dapat diunduh di playstore sehingga penduduk Bantul tidak harus ke Dukcapil untuk mengajukan dokumen kependudukan.

“Masyarakat Bantul cukup mengajukan permohonan lewat aplikasi Dukcapil Smart maka layanan Adminduk akan dengan mudah didapatkan. Jika Kesulitan atau tidak mempunyai aplikasi silahkan masyarakat bisa ke kalurahan setempat untuk mengajukan permohonan Adminduknya, “imbuh Tri Murdianani.

Menurut Tri Murdianani masyarakat yang mengajukan permohonan lewat aplikasi Dukcapil Smart akan mendapatkan dokumen permohonan nya lewat email ataupun pengambilan di kecamatan.

“Silahkan ditunggu pemberitahuannya dan dicek statusnya di aplikasi Dukcapil Smart Bantul secara berkala, sampai status berubah dan dokumen dikirimkan melalui email/sesuai pemberitahuan pada aplikasi, “ pungkas beliau. (ririe)