Percepat Aktivasi IKD; Disdukcapil Bantul Adakan Koordinasi Layanan di Kapanewon dan Kalurahan Serta Layanan Jemput Bola Bagi Warga

Senin (22/04/2024) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul menyelenggarakan Rapat dan Koordinasi Pelayanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kapanewon dan Kalurahan.  Acara tersebut diselenggarakan pukul 13.00 WIB oleh Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) di ruang Rapat Lantai 1 yang dihadiri oleh Petugas Layanan Kapanewon dan beberapa petugas Kalurahan.

 

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Pemerintah Pusat telah menargetkan capaian IKD pada tahun 2024 sebesar 30 persen dari angka perekaman KTP elektronik. Kepala Bidang PIAK, Emmy Nikmawati mengungkapkan bahwa capaian IKD di Kabupaten Bantul tahun 2024 masih terbilang sedikit. Sampai pada hari Senin, 22 April 2024 sebesar 4,65% atau sejumlah sejumlah 34.717. Sementara itu, target aktivasi nasional sebesar 30 % dari jumlah penduduk Bantul atau sejumlah 224.242 jiwa.

 

“Nah dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan layanan aktivasi IKD di Loket Kapanewon dan Kalurahan. Selain itu juga layanan jemput bola dapat berjalan efektif guna mendekatkan layanan IKD bagi warga masyarakat sehingga tidak harus datang ke Dinas. Kami berharap tahun ini 30 persen masyarakat Bantul yang sudah perekaman KTP elektronik itu bisa aktivasi IKD,” kata Emmy Nikmawati.

 

IKD adalah versi digital dari dokumen identitas yang dapat diakses secara online. Dengan aktivasi IKD ini, Emmy mengatakan, masyarakat kemana-mana tidak perlu membawa KTP berupa fisik karena melalui aplikasi IKD yang ada di Handphone sudah bisa. “Karena di dalam IKD ini, tidak hanya KTP saja. Tapi juga dokumen lain yang diperlukan, seperti Kartu Keluarga atau KK,” pungkas Emmy. (ocd)