Ratusan Siswa SMK N 1 Pandak Mendapatkan Sosialisasi Adminduk, Perekaman KTP el dan Aktivasi IKD

Selasa (05/12/2023), Tim Jemput Bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Bantul melaksanakan kegiatan Dukcapil Goes to School di SMK N 1 Pandak. Dukcapil Goes to School  merupakan wujud keseriusan  menjangkau para pelajar sebagai wajib KTP pemula. Rangkaian kegiatan Dukcapil Goes to School kali ini berupa layanan Perekaman KTP-El, Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) serta Aktivasi IKD.

 

Sebagaimana yang tertera dalam Undang-Undang No.24 Tahun 2013 warga Indonesia berumur 17 tahun wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik atau KTP-El. Artinya setiap warga negara Indonesia wajib memiliki KTP-El. Sedangkan untuk proses perekaman dan penerbitan KTP-El kepada setiap warga saat mereka menginjak usia 17 tahun wajib dilakukan Pemerintah Daerah.

 

 

Subkoordinator Kelompok Substansi Identitas Penduduk, Paulus Eko Ananto memaparkan betapa pentingnya melengkapi Dokumen Kependudukan, salahsatunya adalah KTP-El karena dokumen kependudukan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. 


“Dengan adanya layanan jemput bola perekaman KTP-El ini diharapkan semakin mempermudah Siswa untuk mendapatkan KTP-El. Layanan jemput bola ini juga dapat memberikan edukasi kepada para Siswa bahwa layanan Adminduk itu sangat mudah,” katanya.


Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang PIAK Emmy Nikmawati dalam pemaparannya mengatakan bahwa IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. IKD ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital. 


"Setelah melakukan aktivasi IKD, para Siswa tentunya akan mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah data kependudukan seperti KTP dan data keluarga dapat diakses hanya melalui smartphone masing-masing. Proses aktivasi juga sangat mudah, dengan diarahkan petugas kami”. imbuhnya.

 

 

Ditempat terpisah Kepala Dinas Dukcapil Bantul mengungkapkan bahwa kegiatan Dukcapil Goes to School merupakan kegiatan yang akan terus dilakukan oleh Disdukcapil Bantul untuk mempercepat perekaman dokumen kependudukan berupa KTP-El dan aktivasi IKD. “Dengan layanan ini para Siswa tidak perlu datang ke Kapanewon atau ke Disdukcapil, untuk melakukan perekaman KTP-El dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)”, pungkasnya. (ocd)