Ribuan Gen Z dan Tenaga Pendidik di Bantul Aktivasi IKD

(Rabu,06/09/2023) Dalam rangka mempercepat proses percepatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul tancap gas sambangi sekolah SMA/SMK  dan pendidik se Kabupaten Bantul. Jenis layanan yang diselenggarakan di sana yaitu perekaman KTP-El dan aktivasi IKD (Identitas Kependudukan Digital).

 

Menurut salah satu Kepala Sekolah di Bantul Harimawan, layanan Disdukcapil ini sangat bermanfaat sekali. Apalagi Disdukcapil datang langsung ke sekolah sehingga siswa tidak terlalu terganggu waktu belajarnya hanya untuk mengurus aktivasi IKDnya.

 

Kepala Bidang PIAK Emmy Nikmawati mengatakan hingga saat ini capaian IKD di Kabupaten Bantul sudah mencapai 18.194 data. “Hari ini Disdukcapil mendatangi SMA N 1 Pajangan sebanyak 199 siswa dan korwil kapanewon Bantul untuk tenaga pendidik SD sejumlah 308 orang”, imbuhnya.

 

Kepala Dinas Dukcapil Bantul Bambang Purwadi Nugroho menjelaskan, sebagai langkah percepatan, pihaknya melakukan upaya jemput bola. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengejar target nasional dalam aktivasi IKD sebesar 25 persen dari jumlah masyarakat wajib KTP. “Kita harus optimis, makanya kita genjot terus agar bisa memenuhi yang menjadi target nasional sebanyak 25 persen dari masyarakat wajib KTP,” pungkas Bambang. (ocd)