15 Mahasiswa UNS Program Demografi dan Pencatatan Sipil Magang di Bantul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul  pada Senin (6/3/23) menerima sebanyak 15 mahasiswa Universitas Negeri Surakarta (UNS) program D4 Demografi dan Pencatatan Sipil. Mahasiswa tersebut akan melaksanakan Kuliah Praktek di Dinas Dukcapil Bantul sampai dengan bulan Juni 2023. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho) yang langsung memberikan pengarahan langsung kepada para mahasiswa.

“Kami berharap seluruh mahasiswa dapat mengambil ilmu yang nantinya akan disampaikan oleh para pembimbing baik dari kami sendiri (Kadis) maupun dari teman-teman Kepala Bidang, “ungkap Bambang.

Ditambahkan oleh Bambang bahwa seluruh pembelajaran tentang Adminduk untuk mahasiswa magang ini sudah mengikuti rencana pembelajaran semester (RPS) dan Satuan Acara Pembelajaran (SAP ) kuliah praktek semester IV program D4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS. 

Sementara itu penyerahan mahasiswa magang ini langsung diserahkan oleh dosen Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil (Merlin S Magna) kepada Kadis Dukcapil Bantul untuk dimulainya praktek mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil (Darwatiningsih)  sebagai salah satu Kabid yang mendampingi dan memberikan materi menyampaikan bahwa disamping diberikan materi juga diberikan praktikum langsung tentang layanan Adminduk kepada pemohon.

“Sesuai arahan dan petunjuk Kadisdukcapil bahwa nantinya mahasiswa ini tidak hanya praktek di Disdukcapil tetapi juga di kapanewon sehingga ilmu yang didapatkan bisa langusung diterapkan dalam pemberian layanan kepada masyarakat. “Imbuh beliau.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan baik dari pejabat struktural di Dukcapil maupundari mahasiswa magang. (ririe)