Bantul Creative Expo 2023 Menjadi Ajang Disdukcapil Bantul Mendekatkan Layanan Adminduk Kepada Masyarakat

Dinas Kependududkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul turut memeriahkan kegiatan Bantul Creative Expo 2023 bertempat di Pasar Seni Gabusan, Bantul, Yogyakarta. Bantul Creative Expo digelar selama 11 hari atau berlangsung pada 27 Juli hingga 6 Agustus 2023.

 

Disdukcapil menghadirkan sejumlah layanan publik diantaranya Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Perekaman KTPel dan layanan informasi adminduk di Bantul Creative Expo 2023. Selain itu, ada kuis dan dorprize berhadiah menarik bagi pengunjung. Hal ini dilakukan dalam upaya  mendekatkan layanan adminduk kepada masyarakat.

 

Masyarakat yang ingin mengaktifkan IKD bisa datang ke Bantul Creative Expo, cukup membawa handphone dan KTP-El maka langsung diproses petugas  Aktivasi IKD ini harus pemilik KTP-El dan tidak bisa diwakilkan, karena dalam proses input data nantinya ada swafoto dan  harus pemilik KTP yang asli.

 

Kepala Dinas Dukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho menegaskan dengan waktu yang relaif singkat, kurang dari tiga menit warga sudah bisa dilayani aktivasi IKDnya. Hanya bermodalkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, dan swafoto, akun warga akan terkoneksi secara otomatis dengan server Kemendagri.

 

"Dengan melakukan aktivasi IKD, kedepannya warga tidak perlu lagi menenteng fisik KTP atau fotocopi KTP cukup dengan scan kode batang (barcode) dalam melakukan pelayanan publik" imbuhnya.

 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih beserta rombongan saat mengunjungi stand mengajak warga Bantul untuk segera mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital. “Saya menyerukan kepada warga Bantul untuk mengaktivasi Identitas Kependudukan melalui platform yang telah disediakan”, katanya.

(ocd)